Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Aceh Meurah Budiman menerima audiensi Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil Azmi di ruangan kerjanya di Banda Aceh, Selasa.

Meurah Budiman menyatakan audiensi tersebut membahas dua hal utama, yaitu terkait harmonisasi rancangan qanun dan sinergitas dengan Pemkab Singkil terkait program pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan di Rutan Singkil.

Pada kesempatan itu, Meurah Budiman menyambut baik langkah aktif Pemkab Singkil dalam harmonisasi rancangan qanun (raqan). 

Ia menyatakan Kemenkumham Aceh siap memberikan masukan dan saran untuk menyempurnakan raqan tersebut.

Baca: Kemenkumham: 5.607 narapidana di Aceh terima remisi Idul Fitri

"Karena ini menjadi hal penting dalam melahirkan produk hukum yang berkualitas, yang berorientasi pada masyarakat," ungkap Meurah Budiman.

Terkait keberadaan UPT Pemasyarakatan di Aceh Singkil, kedua pihak sepakat untuk meningkatkan sinergitas dalam program pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan di Rutan Singkil. 

"Sinergitas ini diharapkan dapat membantu warga binaan untuk kembali ke masyarakat sebagai insan yang berbudi pekerti luhur dan produktif," ujarnya.

Meurah Budiman menjelaskan Kemenkumham Aceh memiliki berbagai program pembinaan untuk warga binaan seperti pembinaan kepribadian, pembinaan kemandirian, dan pembinaan keagamaan. 

Baca: Kakanwil Kemenkumham Aceh lantik PPNS dan analis kekayaan intelektual

"Kami berharap Pemkab Singkil dapat membantu Kemenkumham Aceh dalam melaksanakan program-program tersebut," ujarnya.

Pj Bupati Singkil Azmi menyatakan Pemkab Aceh Singkil sedang menyusun sejumlah raqan. Karena itu, pihaknya meminta masukan dan saran dari Kemenkumham Aceh untuk menyempurnakan raqan tersebut.

Selain itu, Azmi mengatakan kesiapan Pemkab Aceh Singkil membantu Kemenkumham Aceh dalam melaksanakan program-program pembinaan terhadap warga binaan. 

"Sinergitas dan kolaborasi ini hal yang harus kita lakukan," kata Azmi.

Audiensi tersebut berlangsung dengan lancar. Kedua pihak sepakat untuk terus menjalin kerja sama dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham Aceh di Kabupaten Aceh Singkil.

Baca: Terima Kunjungan UNHCR, ini tanggapan Kakanwil Kemenkumham Aceh soal Rohingya

Pewarta: Redaksi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024