Meulaboh (ANTARA Aceh) - Komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI) meluncurkan layanan pinjaman tanpa bunga secara online dengan konsep jaminan virtual untuk membantu masyarakat di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Chef Executif Officer ICI Rahmad Saputra di Meulaboh, Senin, mengatakan website bantusaudara.com yang diluncurkan adalah platform pinjaman online pertama di Indonesia dengan konsep jaminan virtual yang memberikan pinjaman tanpa jaminan fisik.

"Semua proses administrasi dilakukan secara online, proses pencarian dan pengembalian dana dilakukan melalui transfer bank. Pinjaman yang dapat diajukan saat ini Rp100 ribu-Rp1 juta dengan masa pengembalian paling lama 30 hari," katanya.

Dalam konferensi pers dengan sejumlah awak media di Sekber Aceh Barat, ia mengatakan layanan itu hadir untuk pertama ke daerah itu hanya dengan mengharap imbalan menjadi amal kebaikan dunia akhirat.

Rahmad menjelaskan pihaknya hanya meminta jaminan virtual berupa foto barang yang bisa dijual pemiliknya ketika masyarakat belum bisa mengembalikan pinjaman saat telah jatuh tempo pembayaran, barang tersebut tetap di tangan pemiliknya.

Konsep ekonomi syariah dalam sistem simpan pinjam uang menurut Islam tidak melilitkan suku bungga dari uang yang dipinjam, demikian juga tidak ada pihak ketiga yang terlibat sebagai penjamin atau pemberi jasa asuransi keuangan.

"Tentu sangat berisiko, namun kami berbaik sangka (husnudzhon) dan percaya dengan konsep law of attraction, orang baik ketemunya juga dengan orang baik. Kami berani ambil risiko ini karena kami percaya dengan kejujuran masyarakat," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, komunitas ICI ini mendapatkan modal atau sumber investor adalah investor akhirat, yakni orang-orang yang iklas dan bersedia meminjamkan uangnya kepada orang lain yang membutuhkan tanpa keuntungan dan tanpa imbalan.

Meski demikian kata Rahmad, tim ICI memiliki perjanjian dengan donatur untuk mengembalikan dana tepat waktu dan utuh 100 persen, karena itu kepada calon penerima manfaat pinjaman uang dari mereka disyaratkan mengisi formulir perjanjian.

Saat ini layanan bantuansaudara.com sudah bisa diakses oleh masyarakat dan untuk saat ini bantuan pinjaman tanpa bunga itu dikhususkan untuk masyarakat beridentitas lengkap kependudukan di Aceh Barat, Provinsi Aceh.

"Ini bagian upaya memberantas rentenir, masyarakat diberi pinjaman uang tapi harus bayar dengan persentase bunga 30 persen. Jika dukungan masyarakat besar, tidak menutup kemungkinan daerah-daerah lain segera menyusul,"imbuhnya.

Rahmat saputra melanjutkan, sejak ide bantusaudara.com ini diluncurkan, platformini telah mendapatkan banyak apresiasi masyarakat dan mendapatkan dua penghargaan nasional, yakni masuk grand finalis kompetisi BRI Digital Challege di Jakarta dan Top 20 Regional The Next Dev.
 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017