Ketua DPW PAN Aceh Mawardi Ali resmi mendaftar sebagai calon wakil Gubernur Aceh (Cawagub) untuk mendampingi Muzakir Manaf atau Mualem kepada DPP Partai Aceh.

"Tadi kita sudah menyerahkan berkas ke DPP Partai Aceh. Kita mengikuti mekanisme dari Partai Aceh bagaimana yang terbaik," kata Mawardi Ali usai mendaftar, di kantor DPP Partai Aceh, di Banda Aceh, Rabu.

Mawardi menyampaikan, keinginan bergabung dengan Mualem karena memang melihat visi-misi serta kekuatan politik Partai Aceh, di mana mereka memenangkan pemilihan legislatif sebelumnya dengan perolehan 20 kursi DPRA.

Kemudian, sampai dengan hari ini, hanya Mualem yang telah menyatakan kesiapan maju sebagai calon Gubernur Aceh, begitu juga dengan Partai Aceh secara keorganisasian.

"Hanya Mualem yang menyatakan maju, sedangkan dari partai yang lain belum. Dan ini juga belum tentu saya akan berpasangan dengan Mualem. Ada mekanisme demokrasinya," ujarnya.

Selain itu, Mawardi juga menuturkan bahwa dalam agenda silaturahmi politik beberapa hari lalu di DPP PAN dengan calon Gubernur dan Bupati seluruh Indonesia di Jakarta. Dari Aceh, hanya Mualem yang menghadiri pertemuan tersebut.

"Kami sangat bangga dari Aceh itu Mualem hadir dan sebagai etika politik, etika silaturahmi tentu DPW PAN harus datang ke DPP Partai Aceh untuk mengucapkan terima kasih," katanya.

Alasan lainnya, tambah Mawardi, PAN juga berkeinginan berkolaborasi dalam pembangunan Aceh kedepan bersama Partai Aceh, dan khususnya Ketua Umum Muzakir Manaf.

"Maka, tentu PAN punya keinginan dan hasrat mendampingi Mualem dalam Pilkada Aceh kedepan," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Mantan Bupati Aceh Besar itu juga menegaskan, meskipun nantinya Mualem tidak memilih dirinya dalam sebagai Cawagub. Partai PAN tetap berkoalisi dengan Partai Aceh.

"PAN dengan PA sudah lama melakukan koalisi politik dan bersahabat, dan untuk Pilkada ini kita akan tetap berkoalisi. Insya Allah," pungkas Mawardi Ali.

Sementara itu, Juru Bicara Partai Aceh, Nurzahri menyatakan bahwa semua ini sudah ada empat ketua partai politik nasional (parnas) di Aceh yang mendaftar sebagai Cawagub Mualem.

"Untuk masalah calon Wakil Gubernur Aceh Mualem yang sudah resmi mendaftar ada Gerindra, Golkar, Demokrat dan PAN," katanya.

Dirinya menyebutkan, adapun empat ketua partai nasional yang sudah mendaftar jadi Cawagub Mualem tersebut yakni Ketua Gerindra Aceh Fadhlullah, Ketua Golkar Aceh TM Nurlif.

Kemudian, juga ada Ketua Demokrat Aceh Muslim, dan terakhir hari ini Ketua DPW PAN Aceh, Mawardi Ali. Kemungkinan, partai PKS juga dikabarkan menyusul.

"Hari Jumat ini, Insya Allah PKS juga akan hadir ke sini (kantor DPP Partai Aceh) untuk mendaftarkan calon Wakil Gubernur mereka," demikian Nurzahri.


 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024