Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh memastikan sebanyak 2.500 ternak  di daerah tersebut hingga April 2024 telah mendapatkan vaksinasi guna mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK).

“2.500 ternak yang sudah kita lakukan vaksinasi ini terdiri dari ternak sapi, kerbau, kambing dan domba atau biri-biri,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, Aceh, drh Safridhal kepada ANTARA di Suka Makmue, Senin.

Pada tahun 2023 lalu, pemerintah daerah setempat juga telah melakukan pemberian 29.834 dosis vaksinasi terhadap ternak di daerah ini, sebagai upaya mencegah penularan PMK.

Safridhal mengatakan sasaran vaksinasi tersebut, meliputi ternak yang belum terjangkit wabah PMK atau ternak dalam kondisi sehat.

Pemerintah daerah berharap angka imunitas ternak kerbau, sapi, kambing atau sejenisnya di daerah tersebut ke depan semakin kebal terhadap wabah tersebut.

“Dengan adanya vaksinasi ini, diharapkan imunitas ternak milik masyarakat di Nagan Raya dapat meningkat,” kata Safridhal menambahkan.

Dia menyebutkan, selama ini banyak ternak sapi, kerbau, dan kambing di Nagan Raya dalam kondisi sehat karena adanya pengobatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan hewan bersama dokter hewan, yang sigap turun ke setiap desa di daerah ini.

Adapun metode pengobatan dilakukan dengan cara pemberian asupan vitamin dan sejumlah tindakan medis lainnya.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya targetkan vaksinasi 10.000 ternak di 2024

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024