Bank Syariah Indonesia (BSI) meminta para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu untuk memanfaatkan alokasi kredit usaha rakyat (KUR) dari BSI yang mencapai Rp3,1 triliun pada 2024 untuk menambah modal usaha dalam menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

“Tentu akan sangat membantu UMKM yang membutuhkan modal dalam rangka untuk persiapan menyambut PON XXI nanti,” kata Deputi IBGR BSI Regional I Aceh Saiful Musadir di Banda Aceh, Kamis.

Pada 2024, BSI menyiapkan fasilitas pembiayaan melalui KUR dengan plafon sebesar Rp3,1 triliun. Realisasi hingga akhir April 2024 sudah mencapai 26,65 persen atau Rp826 miliar tersalurkan ke UMKM.

“Dan Alhamdulillah tahun kemarin dari plafond Rp3 triliun, kita bisa menyalurkan Rp3,5 triliun, dan kita harapkan tahun ini juga kita bisa memaksimalkan,” ujarnya.

Saiful menilai, penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut bukan hanya sebatas ajang olahraga, tetapi juga agenda ekonomi.

Baca juga: BSI targetkan 75 ribu UMKM di Aceh gunakan QRIS sambut PON XXI

Sebab itu, aktivitas transaksi keuangan, layanan perbankan harus dipastikan berjalan dengan maksimal, sekaligus harus dimanfaatkan oleh seluruh UMKM di daerah Tanah Rencong itu untuk peningkatan ekonomi.

“Selama ini memang UMKM banyak keluhan kendala di pemasaran. Mudah-mudahan PON ini menjadi peluang UMKM kita untuk memasarkan produk-produknya,” ujarnya,

Ia menambahkan, BSI memang masih sangat fokus memberikan perhatian terhadap sektor UMKM. Saat ini, porsi pembiayaan untuk UMKM dari BSI sudah mencapai 40 persen lebih, yang terfokus utama pada usaha mikro.

Pihaknya juga memiliki BSI UMKM center, yang menjadi tempat BSI melakukan proses inkubasi UMKM pemula, melalui pelatihan dan pembinaan yang bekerjasama dengan instansi terkait. 

Hal yang sama juga dilakukan oleh sebanyak 160 outlet BSI di seluruh wilayah Aceh. 

“Alhamdulillah ini menjadi salah satu yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM kita dalam rangka menghadapi PON ini,” ujarnya.

Baca juga: Review investasi emas di Sukuk Saving Gold ST012 BSI, begini cara daftarnya

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024