Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menetapkan sebanyak 270 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan Pilkada 2024

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KIP Kota Banda Aceh Muhammad Zar di Banda Aceh, Jumat, mengatakan selain 270 anggota PPS, pihaknya juga menetapkan 248 nama sebagai pengganti atau cadangan.

"Penetapan 270 anggota PPS tersebut setelah mereka mengikuti serangkaian seleksi, mulai seleksi administrasi, ujian berbasis komputer atau CAT hingga tes wawancara, dan terakhir tanggapan dari masyarakat," kata Muhammad Zar.

Ia mengatakan ke-270 anggota PPS tersebut bertugas di 90 gampong atau desa yang tersebar di sembilan kecamatan di Kota Banda Aceh sebagai penyelenggara pilkada. PPS merupakan badan ad hoc dengan anggota tiga orang di setiap desa.

Sebelumnya, sebanyak 1.100-an orang mendaftarkan diri pada seleksi calon anggota PPS di Kota Banda Aceh melalui aplikasi sistem informasi anggota KPU dan badan ad hoc atau siakba. Namun, yang melengkapi persyaratan pendaftaran sebanyak 794 orang.

Setelah melalui verifikasi berkas pendaftaran, sebanyak 768 peserta dinyatakan memenuhi syarat. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 26 orang. Selanjutnya, sebanyak 768 peserta calon anggota PPS tersebut mengikuti ujian berbasis komputer.

Dari 768 peserta tersebut, sebanyak 628 orang di antaranya dinyatakan lulus ujian berbasis komputer. Kemudian, mereka yang lulus ujian berbasis komputer, mengikuti tes wawancara.

"Bagi peserta yang ditetapkan sebagai anggota PPS pada Pilkada 2024, selanjutnya akan mengikuti prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah. Setelah itu, mereka langsung bekerja sebagai penyelenggara Pilkada 2024," kata Muhammad Zar.

Pilkada 2024 di Kota Banda Aceh digelar untuk pemilihan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh beserta pemilihan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh. Pemilihan tersebut digelar serentak dengan pilkada di seluruh Indonesia pada 27 November 2024.

Baca juga: 628 calon PPS pilkada di Banda Aceh ikut tes wawancara

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024