Pasangan Reza Munawir - Zuhri Noviandi terpilih sebagai ketua dan sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh periode 2024-2027 dalam Konferta AJI Banda Aceh ke X, Selasa (28/5).

Pasangan ini dinyatakan menang setelah memperoleh 43 suara dari total 69 pemilih. Kemudian, untuk pasangan lainnya yaitu Zulkarnaini Masry-Irma Hafni hanya mendapatkan 24 suara, dan dua abstain.

Reza Munawir merupakan Jurnalis CNN Indonesia Tv, sementara Zuhri Noviandi merupakan Redaktur Habaaceh.id. 

Pimpinan sidang Konferta X AJI Banda Aceh, Nurdin Hasan didampingi anggota Afifuddin Acal dan Mawaddatul Husna kemudian menetapkan pasangan Reza Munawir dan Zuhri Noviandi sebagai ketua dan sekretaris AJI Banda Aceh periode 2024-2027.

Baca juga: Jurnalis Aceh gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran di Kantor DPRA, begini tuntutannya

Ketua Umum AJI Indonesia, Nany Afrida yang hadir dalam Konferta X, menyampaikan selamat kepada ketua dan sekretaris terpilih. Ia juga meminta pasangan terpilih ini segera menyusun kepengurusan lengkap.

"Semoga di kepimpinan kali ini AJI semakin maju. Kita jalan sama-sama karena tantangan kita kedepan semakin berat. Saat ini kita sedang fokus advokasi menolak Revisi UU Penyiaran," kata Nany.

Ia meminta anggota AJI Banda Aceh untuk mentaati kode etik jurnalistik, apalagi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Jelang Pilkada teman-teman menjaga sikap jaga kode etik jurnalistik, kita harus netral bahwa kita adalah wartawan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua AJI Banda Aceh terpilih Reza Munawir menyampaikan terima kasih atas dukungan dan amanah yang diberikan untuk memimpin AJI satu periode kedepan.

"Kami harus dibantu selama 3 tahun ke depan, jaga kami dan kita sama-sama maju selangkah lagi selanjutnya. Ini sudah dilakukan oleh pengurus-pengurus sebelumnya," kata Reza.

Selain memilih ketua dan sekretaris AJI Banda Aceh, Konferta X juga memilih Kepala Sekolah Muharram Journalism Collage (MJC), Majelis Pertimbangan dan Legislasi (MPL), dan Majelis Etik dan Peradilan Organisasi (MEPO).

Baca juga: AJI kecam pengeroyokan wartawan saat liput truk beras Bulog

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024