Sigli (ANTARA Aceh) - PT Semen Indonesia Aceh (SIA) menggelar kegiatan pasar murah di 11 desa di Kecamatan Muara Tiga dan Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie, untuk membantu warga kurang mampu yang berada di sekitar perusahaan.

Direktur Utama PT SIA Bahar Syamsu di Sigli, Selasa menyatakan, kegiatan pasar murah yang merupakan bagian dari program "BUMN Hadir untuk Negeri" itu akan menyediakan 5.000 paket sembako murah.

"Hasil penjualan pasar murah tersebut diberikan santunan kepada 1.100 anak yatim yang ada di Kecamatan Muara Tiga dan Kecamatan Batee," ujar dia.

Acara tersebut merupakan bagian dari pogram safari Ramadhan PT SIA yang bertujuan memupuk silaturrahmi dan berbagi bersama masyarakat yang ada di lingkungan pembangunan pabrik semen.

Kegiatan pasar murah dan santunan anak yatim yang dilaksanakan Selasa (20/6) itu dihadiri Komisaris Utama PT SIA, Direksi SIA, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pidie, Forum Pimpinan Kecamatan Bate dan Muara Tiga, perangkat gampong (desa) dari 11 desa ring satu, tokoh agama dan adat serta ratusan anak yatim.

Adapun paket sembako yang dijual dalam pasar murah tersebut terkomposisi dalam 5 Kg beras, 2 Kg gula pasir, 2 liter minyak goreng dan 5 pcs mie instans. Sementara paket yang dijual seharga Rp25.000, sedangkan hasil penjualan tersebut akan digunakan untuk menyantuni 1.100 anak yatim yang berada di Kecamatan Muara Tiga dan Kecamatan Batee.

Selain itu, kegiatan pasar murah dan santunan anak yatim, dilaksanakan di seluruh wilayah operasi perusahaan Semen Indonesia Group, termasuk Kabupaten Pidie, meskipun masih dalam tahap pembangunan.

"Ini merupakan pasar murah kedua kalinya setelah tahun lalu. Insya Allah kedepan saat pabrik sudah beroperasi, akan ada lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang diberikan perusahaan kepada masyarakat. Hasil penjualan kami santuni anak yatim yang ada di dua kecamatan ring satu lokasi pembangunan pabrik," ujar dia.

Pasar murah merupakan bagian dari pogram BUMN Hadir untuk Negeri, yaitu salah satu tanggung jawab negeri untuk lingkungan secara keseluruhan. Kegiatan tersebut juga bertujuan memupuk kesadaran dan kepedulian dunia usaha  kepada masyarakat agar saling berbagi dan berbuat baik kepada sesama.

Dengan adanya pasar murah diharapkan dapat meringankan beban warga di lingkungan pembangunan pabrik SIA, ungkapnya.

"Kami harapkan pasar murah ini, dapat mengurangi beban biaya masyarakat, karena biasanya menjelang lebaran rata-rata harga barang seperti sembako terus meningkat," terangnya.    
    
Dalam program safari Ramadhan, PT SIA telah melaksanakan beberapa kegiatan sosial di wilayah ring satu antara lain; sunatan massal, pembersihan tempat ibadah, membantu fasilitas tempat ibadah, memfasilitasi operasional kegiatan bulan Ramadhan.  
    
Kehadiran pabrik Semen Indonesia Aceh untuk mendorong peningkatan kualitas masyarakat lokal, sebagai perusahaan yang lahir, tumbuh, dan berkembang bersama masyarakat, kedepan perusahaan ini akan terus menggelar kegiatan dalam rangka menyejahterakan masyarakat terutama di lingkungan perusahaan yang akan dibangun di Pidie.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017