Blangpidie (ANTARA Aceh) - Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Andy Hermawan mengemukakan, arus lalu lintas di jalan nasional lintasan barat selatan Aceh hingga H-3 Hari Raya Idul Fitri masih lancar dan belum ada lonjakan pemudik yang signifikan.

"Alhamdulillah, untuk wiayah kita, Kabupaten Abdya masih lancar, belum ada lonjakan yang signifikan, berbeda dengan di Ibukota Provinsi Aceh," katanya di Blangpidie, Kamis.

Biasanya, lanjut Andy, H-5 lebaran masyarakat pemudik sudah mulai memadati jalan nasional khususnya dari Banda Aceh menuju kampung halamannya di daerah-daerah termasuk dari Medan, Sumatera Utara menuju ke pantai barat selatan Aceh.

"Lonjakan ini perlu kita antisipasi, dan untuk di wilayah Abdya sendiri sudah kita siapkan pos pelayanan dan pos pengamanan. Pos pelayanan kita siapkan khusus untuk melayani pemudik," katanya.

Masyarakat pemudik, lanjut dia, baik dari arah Sumatera Utara menuju Banda Aceh, atau sebaliknya bisa singgah untuk istirahat dan minum pada setiap pos-pos pelayanan yang berada di pinggir jalan nasional.

"Kalau pos pengamanan itu kita siapkan khusus untuk menjaga dan mengamankan tempat-tempat wisata yang ada di daerah. Karena, biasanya banyak warga datang ke tempat wisata pada hari raya Idul Fitri," ujar dia.

Andy juga mengaku dirinya bersama dengan unsur Muspida Abdya termasuk tim dari Polda Aceh telah sama-sama turun lapangan melakukan pengecekan pos pelayanan dan pos pengamanan di setiap kecamatan.

"Kami bersama muspida sudah melakukan cek lapangan. Alhamdulillah tidak ada kekurangan, dan kita sudah siap untuk mengamankan warga dalam menjalankan ibadah hari raya Idul Fitri," ujarnya.

Kemudian, Kapolres Abdya juga telah menurunkan ratusan personel polisi untuk ditempatkan pada daerah-daerah yang selama ini rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Seratusan personel polisi kita kerahkan ke jalan, khususnya ke titik rawan kecelakaan lalu lintas, supaya angka kecelakan pada lebaran ini dapat kita minimalisirkan," katanya.

Selain, Kapolres, Kodim 0110 Abdya juga ada menyiapkan "rest area" di masing-masing Koramil. Masyarakat luar Kabupaten Abdya, baik dari Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, ataupun dari Kota Subulussalam yang mudik dipersilahkan mampir pada Koramail-Koramil untuk istirahat.

"Kita juga telah menyiapkan di masing-masing Koramil itu semacam rest area. Jadi, masyarakat luar Abdya yang ingin singgah, singgah saja di Koramil, kita ada menyiapkan air minum dan tempat pengisian baterai handphone," kata Dandim Abdya Letkol Inf Puji Hartono.

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017