Sabang (ANTARA Aceh) -  Stasiun Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cut Bau Maimun Saleh Sabang, Senin menyampaikan, operator jasa pelayaran Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya ketika berlayar harus saling berkoordinasi dan memperhatikan cuaca yang telah dilansir oleh BMKG setempat.

"Kepada seluruh operator jasa pelayaran tetap berkoordinasi dengan instansi terkait dan memperhatikan kondisi cuaca yang telah direlease, khususnya pada saat munculnya peringatan dini cuaca buruk (tinggi gelombang) yang signifikan mencapai diatas 2,5 meter," kata Kepala Stasiun Meteorologi Cut Bau Maimun Saleh, Sabang Siswanto, Senin.

Siswanto juga menyampaikan, kondisi cuaca di atas masih berpotensi sampai tiga hari ke depan dan jika ada perubahan cuaca yang signifikan pihaknya akan segera melakukan update informasi serta merilisnya.

"Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dan waspada ketika akan melakukan aktivitas di luar ruangan mengingat kondisi cuaca masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan," katanya.

Kemudian lanjutnya, kepada masyarakat dan seluruh calon penumpang atau pengguna jasa pelayaran Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya jika cuaca tidak mendukung tidak melakukan pelayaran atau memaksakan kehendaknya demi keselamatan bersama.

Lebih lanjut ia menjelaskan, secara umum kondisi cuaca di kepulauan paling ujung barat Indonesia dan sekitarnya berawan namun akan diselingi potensi hujan dengan intensitas ringan.

Kemudian, kondisi suhu udara akan berkisar antara 24-30 derajat celcius dimana secara umum masih aman dan nyaman untuk melakukan aktivitas diluar ruangan.

Selanjutnya, kelembapan udara masih berada pada level 65-95 persen yang mengindikasikan bahwa kandungan uap air di atmosfer masih cukup lembab dan potensi memicu pertumbuhan awan konvektif di Sabang dan sekitarnya.

Ada pun kondisi angin diprakirakan akan berembus secara dominan dari arah Barat Daya dengan kecepatan antara 8-45 km/jam.

Terkait potensi cuaca itu pihaknya juga memprakirakan, wilayah Sabang-Banda Aceh dan sekitarnya tinggi gelombang mencapai antara 0.5-3.0 meter.

"Yang terpenting adalah  pengguna jasa pelayaran saling berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan jika cuaca tidak mendukung lebih baik tidak berlayar demi keselamatan pelayaran," ujarnya.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017