Pemerintah Aceh melalui Dinas Peternakan (Disnak) mencatat potensial ketersediaan hewan kurban hari raya Idul Adha 1445 hijriah di Aceh mencapai 86.593 ekor yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba.

"Potensial hewan kurban Idul Adha yang ada ketersediaannya sebanyak 86.593 ekor yang tersebar di 23 kabupaten/kota se Aceh," kata Kepala Disnak Aceh, Zalsufran, di Banda Aceh, Jumat.

Dirinya menyebutkan, adapun ketersediaan hewan kurban Idul Adha tersebut yakni sapi sebanyak 30.078 ekor, kerbau 8.738 ekor, kambing 36.481 ekor dan domba 11.296 ekor.

Terhadap hewan kurban tersebut, kata dia, sudah terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter hewan sesuai dengan arahan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI.

Pemeriksaan tersebut dilakukan juga sebagai kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit hewan menular strategis (PHMS) atau zoonosis melalui lalulintas hewan dan produk hewan dalam rangka Idul Adha ini.

Baca: Disnak: Persediaan ternak tradisi meugang Idul Adha di Aceh 52 ribu ekor

"Akan dilakukan pemeriksaan dan pengawasan oleh dokter hewan dengan mengeluarkan surat keterangan kesehatan hewan. Kita juga mengimbau semua pihak waspada penyakit zoonosis," ujar Zalsufran.

Sebagai informasi, Pemerintah Aceh bersama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Aceh dan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh sedang melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah.

Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban tersebut penting sebagai upaya mencegah penyakit zoonosis. Karena penyakit zoonosis tersebut dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

Karena itu, pemeriksaan hewan kurban Idul Adha ini bukan hanya bermanfaat terhadap hewan yang disembelih saja. Tetapi juga bagi kesehatan masyarakat Aceh secara keseluruhan. 

Apalagi, lanjut dia, dalam konteks keagamaan, kesehatan hewan kurban juga menjadi fokus utama untuk memastikan kehalalan serta kesucian dari ibadah kurban itu sendiri.

"Hewan yang sehat bukan hanya menjadi syarat dalam pelaksanaan ibadah kurban, tetapi juga menjamin kualitas daging yang dihasilkan," kata Bustami Hamzah.

Baca: FOTO - Ketersediaan hewan kurban untuk Idul Adha
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024