Penumpang dari pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh menuju Sabang mulai melonjak pada hari kedua Idul Adha 1445 Hijriah, dan diprediksi meningkat pada H-3 lebaran, Kamis besok (20/6).

"Selama libur Idul Adha 1445 Hijriah ini baru ada peningkatan penumpang hari ini. Kalau kemarin masih normal, belum terlalu ramai," kata Kabag Ops Pelabuhan Ulee Lheue, Ilham Akbar, di Banda Aceh, Rabu. 

Dirinya menyebutkan, jumlah penumpang yang menyeberang dari Ulee Lheue ke Balohan Sabang pada Selasa (18/6) kemarin tercatat sebanyak 1.129 penumpang, terdiri atas Kapal Feri Roro 868 penumpang dan Kapal Express Bahari 445 penumpang.

"Dari jumlah tersebut kendaraan roda dua 261 unit, kendaraan roda empat 90 unit yang menyeberangkan ke Sabang," ujarnya.

Dirinya memprediksikan jumlah penumpang akan melonjak hingga Kamis (20/6) besok, sehubungan dengan berakhirnya cuti libur pegawai ASN/PNS, bisa mencapai 100 persen. 

"Prediksi lonjakan akan terjadi pada hari ini dan besok, karena Jumat dan Sabtu PNS sudah masuk, sebagian pegawai BUMN bahkan ada yang sudah masuk juga hari ini," katanya. 

Kata dia, penumpang yang menyeberang ke Sabang kebanyakan wisatawan lokal dari Aceh, sedangkan pelancong mancanegara masih normal, tidak ada kenaikan. 

"Untuk arus balik penumpang dari Balohan ke Ulee Lheue diprediksikan akan terjadi pada Sabtu (22/6) hingga Minggu (23/6)," demikian Ilham Akbar.


Baca juga: Panen Salak Sabang, Wali kota sebut lahan pertanian di Pulau Weh menjanjikan

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024