Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat memastikan semua hewan qurban yang disembelih pada momentum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di Rumah Potong Hewan (RPH) Kabupaten Aceh Barat, dipastikan sehat dan aman di konsumsi.

“Semua ternak qurban yang disembelih di rumah potong hewan milik pemerintah daerah sudah lulus uji pemeriksaan kesehatan,” kata Plt Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat Mulyadi di Meulaboh, Rabu.

Menurutnya, guna memastikan hewan yang disembelih pada momentum hari raya qurban tahun ini, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat menempatkan tenaga dokter hewan di rumah potong, agar dapat melakukan pemeriksaan hewan secara maksimal.

Baca: Pemkab Aceh Barat sembelih 38 ekor Kerbau untuk Qurban

Hal ini juga sebagai upaya pemerintah daerah untuk menjamin kesehatan ternak kerbau yang disembelih dalam keadaan sehat, sehingga daging yang di distribusi ke masyarakat benar-benar sehat dan layak konsumsi.

Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyiapkan sebanyak 82 ekor ternak kerbau guna selanjutnya dibagikan kepada masyarakat yang tersebar di daerah tersebut.

Daging tersebut disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima atau membutuhkan.

Mulyadi memastikan semua ternak kerbau yang telah disembelih semuanya telah lolos uji kesehatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan hewan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat.

Baca: Kemenag Nagan Raya sumbangkan dua ternak sapi kurban untuk warga
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024