Komite Olahraga Nasional (KONI) Aceh mengirim sejumlah atlet dan pelatih dari berbagai cabang olahraga untuk mengikuti training camp (TC) sebagai kesiapan menyambut PON XXI Aceh-Sumut ke Kota Kazan, Federasi Rusia.

"Kita sudah melepas atlet dan pelatih untuk mengikuti TC ke Federasi Rusia, tepatnya ke Kota Kazan, Ibukota Republik Tatarstan," kata Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak, di Banda Aceh, Sabtu.

TC atlet dan pelatih KONI Aceh yang tengah dipersiapkan untuk PON XXI 2024 Aceh-Sumut tersebut direncanakan berlangsung mulai 15 Juli hingga 15 Agustus 2024.

Mereka berasal dari lima cabang olahraga yaitu, anggar, atletik, kurash, sambo dan gulat.

Baca juga: Atlet KONI Aceh raih tiga medali emas di Kejurnas 2024

Untuk cabang olahraga anggar adalah Irwan Tona, Yudi Anggara Putra, dan Zaidil Al Muqaddin.

Kemudian atletik, ada Fuad Ramadhan dan Tajul Fauzani. Cabang kurash yang dikirim adalah Khairun Nisah dan Inayah Adela Juwita. 

Lalu, untuk Cabang sambo yang dibawa ke Rusia adalah T Khalifah, dan Dede Dina Mariana, serta didampingi pelatih T Ayatullah Bani Baet. 

Sedangkan untuk cabang gulat, KONI Aceh mengirim Wahyuni dan Ibnu Syawal. Juga turut serta dua orang pendamping yaitu Muhammad Ami dan Sayed Mahdi. 

Abu Razak mengingatkan, kepada atlet dan pelatih agar benar-benar dapat memanfaatkan kesempatan TC tersebut secara maksimal. 

Realisasi TC ke Kazan, kata Abu Razak, merupakan bagian dari tindak lanjut kerjasama dalam berbagai bidang antara Aceh dengan Rusia, yang telah dijajaki oleh Wali Nanggroe Aceh Tgk  Malik Mahmud Al Haythar sejak 2022 lalu.

"Maka, kesempatan TC ke Kazan dapat dijadikan sebagai bagian persiapan maksimal atlet serta pelatih menghadapi PON pada September mendatang," demikian Abu Razak.

Untuk diketahui, Kazan merupakan salah satu pusat olahraga Federasi Rusia yang pada Piala Dunia tahun 2018 menjadi penyelenggara untuk enam pertandingan.

Kazan juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan Universiade Tahun 2013. Ini merupakan kejuaraan bagi para mahasiswa seluruh dunia.  Selain itu, setiap tahun Kazan rutin menyelenggarakan International Sport Championship.

Baca juga: Kesiapan akomodasi PON di Aceh sudah 90 persen

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024