Dua atlet binaan KONI Aceh dari Pengprov Porlasi berhasil merebut tiga medali emas di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Indonesia Open Sailing 2024 di Jakarta Utara, dan ini menjadi modal menghadapi PON Aceh-Sumut nantinya.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur atlet PON Aceh berhasil merebut emas. Ini luar biasa," kata Ketua Umum KONI Aceh Kamaruddin Abubakar di Banda Aceh, Senin.

Dua medali emas untuk Aceh pada Kejurnas yang berlangsung 22-23 Juni 2024 itu disumbangkan Kirana Wardojo dari kelas ILCA Women, dan pada nomor open putra/putri.

Khusus untuk nomor open, pesertanya diikuti dari atlet putra-putri. Keberhasilan Kirana setidaknya mengulang kembali prestasi terbaiknya.

Di mana, tiga pekan lalu, atlet putri PON Aceh juga ini berhasil merebut posisi keempat pada kejuaraan internasional di Tokyo, Jepang.

Medali emas emas selanjutnya untuk Provinsi Aceh diperoleh dari atlet putra, Gregory Roger Wardojo. Berlomba di kelas ILCA Men.

Atlet layar Aceh ini berhasil meraih peringkat pertama dalam delapan race yang berlangsung selama dua hari tersebut, dia berhasil kokoh di posisi terdepan.

Gregory sukses mengalahkan Sujatmiko dan Samsuardi dari Jawa Barat. Keduanya harus puas berada di peringkat kedua dan ketiga.

"Dari dua atlet yang berlomba, mereka malah mampu mendulang tiga emas. Ini menjadi modal berharga bagi kita untuk menghadapi PON,” ujar Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak itu.

Keberhasilan ini, kata Abu Razak, tentunya menjadi modal berharga bagi atlet layar dan Kontingen Aceh menghadapi perhelatan PON pada September 2024 mendatang.

Menurutnya, Kirana dan Gregory sudah memperlihatkan kemampuan terbaik ketika berlomba di kejuaraan layar internasional di Tokyo, Jepang, tiga pekan lalu.

“Mudah-mudahan, kedua atlet PON Aceh ini bisa mempertahankan prestasinya hingga PON pada September 2024 mendatang,” demikian Abu Razak.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024