Blangpidie (ANTARA Aceh) - Anggota DPD RI, Sudirman mengharapkan kepala daerah baru, mulai dari gubernur, bupati dan wali kota agar meningkatkan pembangunan infrastruktur berkeadilan, sehingga wilayah-wilayah pedalaman di Aceh menjadi maju di masa depan.

Saat dihubungi dari Blangpidie, Senin, senator asal Aceh itu mengatakan, pembangunan infastruktur merata sangat penting dilakukan oleh kepala daerah baru di daerah pedalaman ataupun terpencil guna terwujudnya pembangunan berkeadilan.

Mendagri atas nama Presiden telah melantik Irwandi Yusuf - Nova Iriansyah sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Aceh baru. Selanjutnya, kepala daerah baru itu dalam waktu dekat melantik pula 20 bupati/walikota hasil Pilkada lalu.

Menurut dia, 20 bupati/wali kota masa jabatan periode 2017-2022 ini dalam memimpin rakyat nantinya harus benar-benar amanah dan menjaga dengan baik harapan besar masyarakat untuk terciptanya perubahan dan kemajuan daerah ke arah lebih baik.

Kemudian, komitmen pembangunan yang berpihak kepada kepentingan dan kesejahteraan rakyat adalah agenda utama yang harus nyata diwujudkan, supaya angka kemiskinan dan pengangguran di daerah-daerah dapat berkurang jumlahnya.

"Pengangguran dan kemiskinan adalah masalah utama yang harus menjadi perioritas kepala daerah baru dengan meningkatkan peluang lapangan kerja dan penguatan ekonomi kerakyatan yang terstruktur dengan pendekatan efektif dan berbasis kondisi serta kebutuhan," katanya.

Ia juga berharap, agar sinergisitas yang solid antara pemerintah kabupaten/kota dengan provinsi dapat terbangun demi meningkatkannya produktifitas ekonomi, baik di sektor pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan serta sektor strategis lainnya yang berdampak erat dengan peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Saya juga mengimbau kepada seluruh bupati/wali kota baru untuk mengikuti komitmen Gubernur Irwandi Yusuf dan membuka ruang komunikasi serta merangkul semua komponen di setiap daerah untuk terciptanya kondisi Aceh yang kondusif," katanya.

Selain terciptanya kondisi yang kondusif, dengan merangkul semua komponen di setiap daerah juga dapat terbangunnya dukungan kolektif yang nantinya akan menjadi modal untuk kelancaran berbagai kebijakan pembangunan di daerah-daerah pedalaman.

"Saya juga berharap kepada Aminullah yang telah dilantik menjadi Wali kota Banda Aceh agar membangun Kotaradja itu kearah lebih baik lagi. Sebab kota itu adalah ikon Aceh yang penuh dengan sejarah. Tapi saya percaya belaiu itu pasti bisa," demikian Sudirman.

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017