Pemerintah Kabupaten Aceh Timur menyediakan sebanyak 100 anjungan bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna menyemarakkan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVII tingkat Provinsi Aceh di Kabupaten Aceh Timur.

"Lokasi anjungan bazar berada di lapangan pusat pemerintahan Kabupaten Aceh Timur serta pekarangan ISC Idi Rayeuk. Sebanyak 100 UMKM ikut menyemarakkan Popda XVII tingkat Provinsi Aceh," kata Panitia Bazar UMKM Popda Rizki Reza di Aceh Timur, Rabu. 

Produk UMKM yang dijual di bazar tersebut di antaranya makanan, minuman, kerajinan tangan, pakaian, aksesori, dan produk lainnya. Produk yang dijual tidak mengandung bahan berbahaya dan berdampak negatif lainnya. 

Rizki Reza menyebutkan UMKM yang berjualan di anjungan wajib menjaga dan bertanggung jawab terhadap kebersihan. Serta berjualan di area yang telah ditentukan.

Menurut dia, bazar di ajang pekan olahraga pelajar tersebut menjadi sarana promosi dan penjualan produk-produk UMKM. Apalah kegiatan tersebut dihadiri peserta dari 23 kabupaten kota di Provinsi Aceh.

"Pelaksanaan Popda Aceh ini memberi kontribusi pada peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Aceh Timur, terutama pelaku UMKM," kata Rizki Reza.

Sekretaris Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Timur Zuhra mengatakan perhelatan pekan olahraga pelajar tingkat provinsi tersebut merupakan kesempatan bagi pelaku UMKM mempromosikan produk-produk unggulan yang dihasilkan

"Dengan adanya bazar UMKM di perhelatan Popda Aceh ini, produk-produk UMKM dari Aceh Timur semakin dikenal di seluruh Aceh. Dan ini tentu berdampak positif bagi pengembangan UMKM di kabupaten ini," kata Zuhra.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024