Singkil (ANTARA Aceh) - Jon Fitri, seorang nelayan asal Desa Kilangan, Kabupaten Aceh Singkil ditemukan selamat setelah hanyut di sekitar perairan Pulau Birahan di wilayah itu, Senin (10/7) malam.

Syufri, tokoh masyarakat Kilangan kepada wartawan di Singkil, Rabu menyatakan, Jon ditemukan selamat, Selasa (11/7) pagi setelah diselamatkan oleh nelayan asal Sibolga, Sumut, yang kebetulan hendak pulang melaut di seputaran perairan Pulau Birahan.

Jon ditemukan dalam keadaan terombang ambing, tubuhnya sudah basah pucat diatas perahunya. Kemudian perahunya ditarik pulang oleh nelayan asal Sibolga itu ke desanya Kilangan yang sudah ditunggu keluarganya, kata Syufri.

"Alhamdulillah, akhirnya Jon selamat ditemukan nelayan asal Sibolga, kini ia kembali berkumpul dengan keluarganya yang sudah risau menunggunya tadi tengah malam dan pagi tadi," ujarnya.

Dikatakan, kronologis hanyutnya Jon Fitri, ketika akan melaut pada Senin pagi biasanya menjelang malam kembali ke rumah, namun hingga pagi tidak kembali sebagaimana biasanya.

Kebetulan saat itu cuaca tiba-tiba memburuk dan badai, sehingga menambah kekhawatiran pihak keluarga, katanya.

"Ada nelayan yang hilang, masyarakat Desa Kilangan saat itu terus berupaya melakukan penyisiran di laut Singkil dengan tiga tim," kata Erwin, warga setempat.

Azwar Tanjung salah satu nelayan setempat menginformasikan Jon dan perahunya kemungkinan hanyut akibat perahunya alami kerusakan mesin saat cuaca buruk, hal itu dipastikan ia terombang ambing dan harus segera dicari.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Ir Ismet Taufik mengetahui akan hal itu, segera mengambil respon.

Pihaknya mengambil langkah langsung membentuk tiga tim untuk menyisir di perairan laut Singkil mencari nelayan asal Desa Kilangan itu. Beruntung diperjalanan Jon Fitri diselamatkan nelayan asal Sibolga yang kebetulan hendak pulang melaut di perbatasan Birahan Singkil dengan Sibolga.


Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017