Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 250 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh dilatih berwirausaha untuk menciptakan pengusaha baru dalam rangka menciptakan lapangan kerja.

Kepala UPT Kewirausahaan Unsyiah Dr M Hanafiah di Banda Aceh, Rabu menyatakan, pelatihan itu melalui seminar dan pelatihan kewirausahaan bertajuk Melalui Kegiatan Wirausaha Kita Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Unsyiah.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut menghadirkan Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Drs Ismet Yus Putra dan pelatihan kewirausahaan diberikan oleh Prof Dr Saryono dari Universitas Riau (Unri).

Selanjutnya Prof Dr Ir C Hanny Wijaya  dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengulas seputar bagaimanaÿcaraÿmemulaiÿsebuah usahaÿdan trik-trik dalam berwirausaha," paparnya.

Prof Hanny mengatakan yang paling penting dimiliki oleh seorang pelaku usaha tersebut adalah konsisten dengan usaha yang digelutinya, sebab maju dan mundur sebuah usaha itu merupakan hal yang lumrah.

Menurut dia, pelaku usaha harus menciptakan produk yang kreatif dan kompetitif agar laku di pasaran.

"Pasar biasanya cepat bosan dengan produk yang tidak berinovasi dan dunia usaha harus memanfaatkan dunia digital sebagai wadah untuk pemasaran produk," katanya.

    

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017