Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala (RSP USK) Banda Aceh menjadi pusat layanan vaksinasi hepatisis di Provinsi Aceh.

"RSP USK menjadi pusat layanan vaksinasi hepatitis jenis A di Aceh, khususnya di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar," kata Direktur RSP USL DR Mulkan Azhary di Banda Aceh, Rabu.

Hepatitis adalah penyakit peradangan pada hati yang disebabkan virus, obat-obatan, bahan kimia, dan lainnya. Hepatitis ada beberapa jenis, A, B, C, D, dan E.

Menurut dia, vaksinasi tersebut untuk mencegah penularan hepatitis. Dengan adanya vaksinasi, maka ada proteksi serta meningkatkan imum tubuh terhadap virus hepatitis.

"Dengan dijadikannya RSP USK tentu memudahkan masyarakat mendapatkan layanan vaksinasi hepatitis. Apalagi ke depan Aceh menjadi daerah pariwisata, tentu ramai orang berkunjung , sehingga potensi penularan virus meningkatkan," katanya.

Mulkan Azhary menyebutkan selain vaksinasi, pencegahan hepatitis dilakukan dengan menerapkan hidup sehat serta mengonsumsi makanan higienis.

"Kami juga menggandeng Etana Biotechnologeis Indonesia dalam mengembangkan pusat pelayanan vaksinasi hepatitis di RSP USK. Kami berharap pusat layanan ini mendapat respons positif dari masyarakat," kata Mulkan Azhary.

Manajer Penjualan Regional Etana Biotechnologeis Indonesia Uus Mulyana menyatakan pihaknya siap mendukung RSP USK sebagai pusat layanan vaksinasi hepatitis di Provinsi Aceh, khususnya Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

"Dukungan dan kerja sama dengan RSP USK ini menandai komitmen bersama untuk meningkatkan kesadaran dan akses terhadap vaksinasi hepatitis serta memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat," kata Uus Mulyana.

Baca juga: RS Pendidikan USK kerja sama dengan IOM beri layanan kesehatan imigran Rohingya di Aceh
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024