Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Puluhan rumah penduduk di Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan terancam amblas, karena dalam sebulan terakhir ini ombak menghantam bibir pantai, sehingga mengakibatkan abrasi terus meluas.

Rean Agari, warga Ujung Pulo Cut, Kecamatan Bakongan Timur kepada wartawan di Tapaktuan, Senin mengatakan, masyarakat setempat cukup khawatir akibat abrasi yang semakin meluas.

Abrasi itu tidak saja mengancam rumah pendudukan, tapi juga keberadaan puluhan hektare kebun sawit bahkan badan jalan negara lintasan nasional Tapaktuan - Medan (Sumut) juga bakal terancam ambruk ke dasar laut.

"Kami berharap kepada pemerintah untuk segera membangun tanggul pemecah ombak di sepanjang pantai, sebab hanya dengan cara itu abrasi dapat dicegah supaya tidak semakin meluas," kata Rean Agari.

Dia menambahkan, akibat semakin parahnya terjadi bencana abrasi tersebut, juga telah mengancam lahan perkebunan warga seluas puluhan hektare yang berada di kawasan tepi pantai.

Menurutnya, semakin parahnya terjadi bencana abrasi di wilayah tersebut disebabkan kondisi cuaca di wilayah Aceh Selatan sejak beberapa bulan terakhir sedang tidak mendukung yang ditandai dengan tingginya curah hujan disertai badai.

"Dalam beberapa bulan ini kondisi cuaca tidak menentu yang berakibat buruk bagi daerah pesisir, khususnya di Gampong Ujung Pulo Cut. Masyarakat khawatir abrasi ini akan meluas dan menambah kerugian masyarakat yang memiliki kebun kelapa sawit di daerah pesisir pantai," ujarnya.

Ia mengaku sudah melaporkan persoalan tersebut kepada pihak terkait dijajaran Pemkab Aceh Selatan supaya segera dicari  solusi penyelesaian yang konkrit agar tidak menambah kerugian bagi masyarakat.

Sementara itu, Keuchik (kades) Ujong Pulo Cut Junaidi yang dikonfirmasi terpisah mengatakan masyarakat sangat resah dengan ancaman abrasi yang kian meluas dan berharap pemerintah bisa segera mencari solusi.

"Ada sekitar 50 kepala keluarga yang menggantungkan hidupnya dari kebun kelapa sawit. Karenanya kita sangat berharap kepada pemerintah untuk membangun tanggul pengaman pantai di sepanjang pesisir laut Gampong Ujung Pulo Cut," harapnya.


Pewarta: Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017