Komando Distrik Militer (Kodim) 0105 Aceh Barat menggelar pawai bendera merah putih yang diikuti oleh masyarakat dan elemen sipil di daerah tersebut, menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun pada 17 Agustus mendatang.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme di Bumi Teuku Umar dalam menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke - 79 tahun,” kata Dandim 0105 Aceh Barat, Letkol Infanteri Hendra Mirza dalam keterangan diterima di Meulaboh, Sabtu.

Menurutnya, tujuan dari pawai tersebut untuk memberikan contoh serta membangkitkan semangat rasa nasionalisme dan patriotisme di tengah masyarakat, untuk selalu menghormati simbol negara.

Dengan menaikkan atau memasang bendera merah putih, membuktikan bahwa representasi jiwa nasionalisme dan patriotisme masyarakat benar-benar telah terpatri dalam benak jati diri.

Selain itu, Dandim Hendra Mirza juga meminta masyarakat agar dapat mengibarkan bendera merah putih selama satu bulan penuh selama bulan Agustus 2024.

"Mari Kita buktikan bahwa masyarakat di Aceh Barat tidak hanya berjiwa agamais, namun juga nasionalis yang akan tetap menjaga keluhuran nilai - nilai kebangsaan sesuai yang terkandung dalam ideologi Pancasila,” katanya menambahkan.

Ia juga memberikan apresiasi dan bangga melihat antusias serta semangat masyarakat yang mengikuti pawai bendera merah putih, dengan mengelilingi ruas jalan protokol di Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat.

Baca juga: Dandim 0105 Aceh Barat ajak wartawan bantu berantas judi daring

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024