Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyertifikasi 42 hotel dan homestay yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar dalam rangka mendukung suksesnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

“Sertifikasi kepariwisataan klasifikasi hotel berbintang ini merupakan bagian untuk memberikan pelayanan terbaik untuk tamu yang hadir saat event olahraga terbesar di Indonesia tersebut di Aceh,” kata Kepala Bidang Pengembangan Usaha Pariwisata dan Kelembagaan (PUPK) Ismail di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan pihak perhotelan dan homestay dapat mempersiapkan fasilitas dan pelayanan dalam menyambut PON dan para asesor dapat menyesuaikan dengan regulasi yang ada di Aceh seperti qanun mengatur nilai-nilai syariat Islam.

"Regulasi yang ada di Banda Aceh tersebut akan menjadi pertimbangan bagi para asesor ketika melakukan sertifikasi,” katanya.

Baca: PB PON sediakan 5.970 kamar untuk peserta dari 33 cabor di Aceh

Menurut dia PON Aceh-Sumut akan mengundang sebanyak 18.000 atlet dan official, di mana hotel berbintang dapat memberikan jaminan ataupun garansi kepada wisatawan selama mereka menggunakan fasilitas terkait akomodasi yang ada di Aceh.

“Berilah pelayanan yang maksimal sehingga memberikan kesan yang positif kepada wisatawan PON dan mereka akan datang kembali lagi ke Aceh sebagaimana tagline masyarakat Aceh 'pemulia jame adat geutanyo' yang artinya memuliakan tamu adalah adat atau kebiasaannya orang Aceh," katanya.

Ketua DPD Indonesia Hotel General Manager Association (IGMA) Aceh Nurhadi menyammpaikan terima kasih kepada Disbudpar atas terselenggaranya sosialisasi sertifikasi kepariwisataan klasifikasi hotel bintang.

Baca: PB PON imbau pihak swasta daftar e-katalog untuk penuhi kebutuhan mobil saat PON di Aceh
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024