Singkil (ANTARA Aceh) - Bupati Aceh Singkil Dulmursid menegaskan para jamaah calon haji agar memahami manasik haji yang benar sesuai dengan tuntutan Allah SWT dan Rasulullah SAW, sehingga menjadi haji yang "mabrur" (diterima).

Ketika membuka manasik haji di Singkil, Selasa, Bupati mengingatkan agar para calon haji memasang niat iklas sebelum berangkat dan pahami betul tata cara  beribadah haji yang benar, baik menyangkut peraturan pemerintah maupun agama yakni saat pelaksanaan bimbingan manasik.

Manasik yang diselenggarakan Kemenag Aceh Singkil itu diikuti 28 orang selama dua hari. Mereka tergabung dalam kloter I melalui Embarkasi Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Para calon haji bersama dua petugas haji itu bergabung dengan calon haji dari Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Kota Subulussalam, Nagan Raya, dan Kota Banda Aceh.

Sesuai jadwal, mereka akan masuk asrama haji Banda Aceh pada 15 Agustus pukul 12.00 WIB. Selanjutnya mereka akan terbang ke Tanah Suci pada 16 Agustus 2017 pukul 12.15 WIB.

Selanjutnya, Bupati Dulmusrid menyampaikan para calon haji harus mempersiapkan kesehatan dan fisik agar prima, serta tetap mengkonsumsi makanan yang sehat.

"Bersyurkurlah yang sudah memenuhi persyaratan berarti Allah SWT sudah memanggil, kesempatan tidak dua kali jangan disia-siakan kesempatan ini. Berbuatlah kebaikan dari sekarang dan jangan lakukan lagi perbuatan yang menyalahi di sisi agama,"  tutur Dulmusrid.

Ia juga mengintruksikan Kadis Syariat Islam dan Dinas Perhubungan agar memfasilitasi transportasi perjalanan tamu-tamu Allah tersebut sampai ke embarkasi Aceh.

Kegiatan manasik haji yang mengacu kepada UU No.8 tahun 2013 tentang penyelenggaraan ibadah haji di tingkat kabupaten merupakan rangkaian kegiatan manasik tingkat kecamatan, sebanyak 8 kali pertemuan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian tugas nasional yang harus dilakukan oleh pemerintah sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Sumber kegiatan berasal dari Pelaksanaan Anggaran Operasional (PAO) Haji Kankemenag tahun 2017, kata Ketua Panitia kegiatan Manasik, Suhardiman MM.


Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017