Blangpidie, Aceh, 26/7 (Antara) -  Sekitar satu hektare lahan pekarangan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 di Desa Padang Meurante, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh, terbakar pada Rabu siang.

"Belum kita ketahui penyebabnya, tetapi, menurut firasat saya, kebakaran itu akibat pembuangan puntung rokok sembarangan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Amiruddin di Blangpidie, Rabu.

Kebakaran pukul 14.00 WIB mengakibatkan semua tanaman dan ilalang yang tumbuh di lokasi itu ludes terbakar. Namun tidak ada yang mengetahui pasti penyebab kebakaran di tengah cuaca terik melanda wilayah setempat.

Amiruddin mengaku, kebakaran di pekarangan sekolah tersebut diketahui setelah dewan guru sekolah setempat menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk meminta bantuan.

Setelah informasi kebakaran diperoleh, petugas BPBK bersama dua unit pemadam kebakaran (damkar) langsung menuju lokasi yang jaraknya sekitar lima kilometer dari pusat Kota Blangpidie untuk melakukan pemadaman.

"Api hampir merambah gedung sekolah itu. Tapi Alhamdulillah, berkat kerja keras petugas bersama-sama masyarakat, api berhasil dipadamkan satu jam kemudian," kata Amiruddin.


Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017