Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur menyiapkan tujuh titik untuk dijadikan sebagai tempat penginapan atlet dan pelatih, ofisial, wasit, serta pendukung tim yang bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di daerah itu.

"Kami mempersiapkan fasilitas akomodasi berupa tujuh hotel dan wisma untuk atlet PON," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Aceh Timur Syahril di Aceh Timur, Rabu. 

Adapun hotel dan wisma yang digunakan untuk kontingen PON XXI antara lain, The Royal Idi Hotel, Wisma 88, Wisma Alatas, Guest House Safira, Wisma Alghani Idi, Alatas Guest House dan asrama LPTQ. 

"Pada PON XXI nanti, Kabupaten Aceh Timur menjadi tuan rumah cabang olahraga sepak takraw pada PON XXI. Cabang olahraga sepak takraw dipusatkan di ISC," kata Syahril.

Menyangkut dengan venue atau arena pertandingan sepak takraw, Syahril mengatakan pengerjaan renovasi Idi Sport Center (ISC) terus dipacu. Pekerjaan renovasi gedung tersebut diperkirakan selesai akhir Agustus 2024.

Baca: Pj Gubernur Aceh ajak kalangan dunia usaha dukung kesuksesan PON

"Dari laporan di lapangan yang kami terima, pengerjaan venue PON untuk sepak takraw ditargetkan selesai pada 31 Agustus 2024. Pengerjaannya terdiri pembangunan dua tribune," kata Syahril.

Syahril menyebutkan dua tribune tersebut terdiri A dan B. Untuk Tribune A, progres pekerjaannya sudah selesai ditingkat pengecoran serta pemasangan keramik dan plafon serta instalasi listrik. Sedangkan Tribune B, ditargetkan selesai dalam pekan ini.

"Begitu juga dengan pemasangan lantai untuk lapangan takraw, dikerjakan setelah pengecoran Tribune B. Dan progres terakhir adalah pemasangan pembatas besi," katanya.
 
Syahril menyebutkan kapasitas setiap tribunenya dapat menampung 360 penonton. Dalam venue tersebut nantinya ada empat lapangan sepak takraw dengan standar nasional.

"Saat ini rekanan terus bekerja maksimal. Bahkan pekerja di lapangan bekerja lembur untuk mengejar target pembangunan rampung sesuai jadwal," kata Syahril.

Baca: UMKM di Aceh Timur tingkatkan produksi jelang PON XXI
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024