Sabang (ANTARA Aceh) - Presiden Indonesian Maritime Pilots Association (Inampa) Parsoroan Herman Harinanja mendukung pengembangan wisata halal di Provinsi Aceh, wilayah ujung barat Indonesia.
       
"Kami mendukung pengembangan wisatawa halal di Sabang dan Aceh demi peningkatan ekonomi masyarakat dan paket wisatawa halal harus terus dikampanyekan secara berkesinambungan," kata Presiden Inampa di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang, Kamis.

Pihaknya mendukung pengembangan wisatawa halal di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan menyerukan berbagai pihak mendukung pengembangan kawasan wisatawan di daerah tersebut demi peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Semua pihak harus mendukung pengembangan pariwisata Sabang dan infrastruktur yang dibangun Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) sudah bagus untuk menarik minat kunjungan kapal cruise ke Sabang," kata Presiden Inampa.

Sebelumnya, provinsi paling ujung barat Sumatera berhasil memenangi tiga dari empat kategori yang diikuti pada Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016, kata seorang pejabat daerah setempat.

"Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada masyarakat Aceh atas kontribusinya dalam memenangkan Aceh pada KPHN 2016 yang telah diumumkan pada Rabu (21/9) petang," kata Kadisbudpar Aceh Reza Fahlevi di Banda Aceh.

Ia menyebutkan tiga kategori yang dimenangi Aceh yaitu Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik untuk Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik dan Daya Tarik Wisata Terbaik untuk Masjid Raya Baiturrahman.

Pihaknya juga memberikan apresiasi atas capaian dalam kompetisi tersebut kepada seluruh masyarakat dan jajaran Pemerintah Aceh untuk terus mendukung pengembangan pariwisata Aceh secara lintas sektoral, khususnya dukungan dari pemerintah pusat yang telah ikut terlibat memenangkan Serambi Mekkah menuju World Halal Travel Awards 2016 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Alhamdulillah, Aceh menang untuk tiga kategori yang berhasil menyisihkan 117 nominasi dari 15 kategori," katanya.

Menurut dia, pengumuman secara resmi KPHN 2016 telah dilakukan oleh tim KPHN 2016 di Jakarta dan pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut menuju kompetisi halal internasional.

"Kita juga berharap dengan prestasi yang diraih ini menjadi awal untuk menuju kompetisi tingkat internasional di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab nanti," katanya.


Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017