Sabang (ANTARA Aceh) - Badan Meteorologi Klimatologi Giofisika (BMKG) Kota Sabang mengimbau pengguna jasa pelayaran dan masyarakat nelayan untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi mencapai 3,5 meter di perairan Sabang, Aceh dan sekitarnya sampai tiga hari ke depan.

"Kami mengimbau pengguna jasa pelayaran dan masyarakat nelayan untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi 2 sampai 3,5 meter di perairan Sabang dan sekitarnya," kata kepala Stasiun BMKG Cot Ba U Kota Sabang, di Sabang Kamis.

Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang juga menjelaskan, prakiraan cuaca saat ini kecepatan angin bisa mencapai 28 knot atau setara dengan 46 km/jam dan untuk potensi gelombang di perairan Sabang-Banda Aceh dan sekitarnya berkisar antara 2-3,5 meter.

"Sebagai akibat dari pengaruh kecepatan angin yang cukup signifikan pada hari ini kita sudah memberikan info mengenai potensi tingginya gelombang laut tersebut yang diseminasikan (sebarluaskan) melalui group medsos whatsapp (WA)," kata Siswanto.

Stasiun BMKG Cot Ba U, Kota Sabang juga mengimbau, bagi seluruh pengguna jasa pelayaran, stakeholder dan masyarakat lainnya (nelayan) agar senantiasa meningkatkan kewaspadaannya terkait cuaca yang tidak bersahabat tersebut.

Lebih lanjut ia menyampaikan, khususnya untuk masyarakat nelayan pihaknya mengingatkan, jika cuaca tidak bagus lebih baik tidak melaut sementara waktu sampai kondisinya kembali normal.

"Kami secara aktif terus memberikan informasi terkait prakiraan cuaca dan pengguna jasa pelayaran serta masyarakat nelayan diharapkan responsif terhadap rilis cuaca yang kami sampaikan demi keselamatan pelayaran maupun masyarakat nelayan itu sendiri," tuturnya.

Panglima Laot Wilayah Sabang Ali Rani mengakui, sejak pagi tadi cuaca di laut sedang tidak bersahabat dan pihaknya sudah mengingatkan para nelayan untuk tidak melaut sampai cuaca membaik.

"Nelayan hanya melaut di dalam teluk saja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan tidak memungkinkan melaut di luar teluk sebagaimana biasanya karena angin dan gelombang lautnya sangat tinggi," ujarnya.

Ia juga mengakui, biasanya masyarakat nelayan wilayah Sabang melaut dari 20 sampai 30 mil dari lepas pantai Sabang.


Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017