Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh membentangkan bendera berukuran besar 85 meter x 12 meter di bendungan Irigasi Jeuram, Kecamatan Beutong, kabupaten setempat saat menggelar apel kebangsaan.

“Pembentangan bendera merah putih ini bukan sekadar simbol, melainkan cerminan dari perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya demi tegak nya Indonesia,” kata Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas dalam keterangan diterima di Meulaboh, Aceh Barat, Senin.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan oleh Pemkab Nagan Raya, setelah kegiatan serupa digelar pada tahun 2023 yang lalu. 

Apel Kebangsaan dan pembentangan bendera merah putih yang ia gagas tersebut, merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun.

Pembentangan bendera Merah Putih berukuran raksasa di lokasi wisata Irigasi Beutong tersebut melibatkan unsur TNI/Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Pramuka. 

Meskipun diguyur hujan lebat, apel yang diikuti oleh sekitar seribu peserta dari berbagai kalangan dan masyarakat umum tetap berlangsung lancar. 

Fitriany Farhas menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam menyukseskan kegiatan ini. 

"Maka sudah sepantasnya kita selalu mengenang dan meneladani jasa-jasa para pahlawan serta meneruskan cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak hanya besar, tetapi juga makmur dan sejahtera," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh berharap kegiatan pembentangan bendera raksasa yang sudah terlaksana kedua kalinya dapat menjadi agenda tahunan dalam memperingati hari kemerdekaan di tahun-tahun mendatang.

"Dengan kegiatan ini, saya berharap Kabupaten Nagan Raya semakin semarak dalam perayaan HUT RI dan kita dapat berkontribusi besar dalam menumbuhkan rasa patriotisme serta cinta tanah air," tambahnya.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam membangun daerah yang lebih baik., dan menekankan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan agar tetap asri dan terjaga untuk generasi mendatang, demikian Fitriany Farhas.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya ajak warga rawat nilai Pancasila di hari kemerdekaan

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024