Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Besar mengajak masyarakat di daerah setempat untuk berpartisipasi dalam pengisian Survei Tingkat Gemar Membaca (TGM) Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI.

“Survei ini bertujuan untuk melihat tingkat kegemaran dan perilaku membaca masyarakat di 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, termasuk Kabupaten Aceh Besar,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Fazlun di Lambaro, Jumat.

Ia menjelaskan hasil survei tersebut akan digunakan untuk merumuskan rekomendasi kebijakan pengembangan semua jenis perpustakaan dan pengembangan pembudayaan gemar membaca di Indonesia.

“Mari bersama-sama kita ikut berpartisipasi dalam pengisian Survei Tingkat Gemar Membaca (TGM) Tahun 2024, survey ini dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI," kata Fazlun.

Ia mengatakan untuk berpartisipasi dalam survey tersebut, masyarakat dapat mengklik link https://wesurvey.id/kuesioner/tingkatgemarmembaca.

Menurut dia dengan mengisi survei tersebut tidak hanya membantu meningkatkan  literasi di wilayah Aceh Besar khususnya, tetapi juga mendapat kesempatan memenangkan hadiah lima unit smartphone dan 100 e-wallet.

Baca: 60 pustakawan gampong Aceh Besar dibekali perpustakaan berbasis Inklusi Sosial

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh mengatakan terus menghadirkan beragam inovasi untuk menarik minat masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan yang ada di setiap gampong dalam wilayah kabupaten itu khususnya.

Pihaknya juga melaksanakan pustaka tenda sebagai upaya untuk meningkatkan minat membaca dan cinta ilmu bagi anak-anak di pelosok.

"Pustaka tenda merupakan strategi untuk mendorong partisipasi anak-anak agar cinta ilmu dan mau membaca, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan indeks literasi. Program ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga anak-anak mencintai ilmu dan mau membaca. 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Besar saat ini memiliki enam unit perpustakaan keliling yang beroperasi setiap hari ke sekolah-sekolah dan madrasah yang berbeda. 

"Setiap hari mobil pustaka keliling, beroperasi ke sekolah-sekolah dan madrasah, dayah dan gampong, " katanya.

Ia mengatakan minat baca siswa sangat tinggi dengan hadirnya buku dan bacaan yang baru, sehingga saat datang pusling mereka bersemangat membaca.

"Minat baca saat ini sudah mulai cukup tinggi, apa lagi kegiatan yang dilaksanakan juga berinovasi dengan kondisi, seperti permainan yang gembira yang mengasah ilmu," katanya. 

Baca: Wakil Aceh Besar juara pustakawan terbaik nasional 2024
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024