Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh T Irwan Djohan-Khairul Amal resmi mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh, pasangan ini mengusung konsep perubahan.

"Alhamdulillah hari ini kita bersama-sama sudah mendaftar ke KIP Banda Aceh," kata T Irwan Djohan, di Banda Aceh, Kamis.

Kedatangan pasangan Irwan Djohan-Khairul Amal ke KIP Banda Aceh diantar ratusan pendukung, dan juga didampingi pimpinan partai pengusungnya yakni Nasdem dan PKS.

Anggota DPR Aceh itu mengatakan, dirinya berniat maju sebagai calon Wali Kota Banda Aceh ini untuk mewujudkan perubahan masyarakat agar lebih baik dari berbagai hal mulai dari pembangunan hingga ekonomi.

Untuk mewujudkan perubahan, kata dia, maka dibutuhkan pemimpin baru untuk Banda Aceh ini, sehingga bisa melahirkan gagasan dan inovasi baru kedepannya.

"Kalau ditanya perubahan yang dilakukan, maka pertama perubahannya adalah Wali Kota nya harus diubah dulu, pemimpin nya harus baru dulu. Dengan visi baru, semangat baru, gagasan baru, kreatifitas baru dan inovasi baru," ujarnya.

 

Pasangan bakal calon Wali Kota Banda Aceh Irwan Djohan (kiri) dan bakal calon Wakil Wali Kota Banda Aceh Khairul Amal (kanan) usai menyerahkan berkas pendaftaran di kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh, Aceh, Kamis (29/8/2024). Bakal pasangan calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Banda Aceh Irwan Djohan dan Khairul Amal diusung partai Nasdem dan PKS serta mendapat dukungan dari partai PKN, Garuda, PDIP, PDA dan Partai Aceh pada pilkada serentak 2024. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra.)

Dalam kesempatan ini, dirinya menuturkan bahwa salah satu program inovasi nya ke depan yaitu ingin meningkatkan penyediaan lapangan kerja. Mengingat tingkat pengangguran di kota ini masih tinggi.

Angka pengangguran Banda Aceh sekitar delapan persen lebih. Bahkan, Kota Banda Aceh masuk dalam tiga daerah dengan angka paling tinggi dibandingkan 23 kabupaten/kota di Aceh.

"Banda Aceh ibu kota provinsi dengan angka pengangguran tinggi. Maka kita harapkan kedepan menjadi perubahan, ini fokus kita nanti menyediakan lapangan kerja baru bagi warga," pungkas Irwan Djohan.

Sebagai informasi, untuk Pilkada Banda Aceh 2024 ini terdapat empat pasangan calon, dan tiga diantaranya merupakan kandidat yang pernah memimpin Banda Aceh.

Yaitu, kandidat calon Wali Kota yang pertama mendaftar adalah Zainal Arifin, ia merupakan mantan Wakil Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022.

Kemudian, Aminullah Usman yakni Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022. Dan terakhir Illiza Sa'aduddin Djamal, anggota DPR RI itu merupakan mantan Wali Kota Banda Aceh 2012-2017.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024