Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur menerima berkas empat pasangan calon (paslon) bupati dan wakil yang akan mengikuti kontestasi Pilkada 2024 di daerah itu.

"Total bakal pasangan calon sudah mendaftar ke KIP hingga hari ini berjumlah empat pasangan," kata Ketua KIP Aceh Timur Yusri di Aceh Timur, Kamis.

Adapun pasangan calon yang mendaftarkan diri di hari pertama pada Selasa (27/8) yakni Sulaiman-Abdul Hamid diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat.

Selanjutnya, pasangan Ridwan Abubakar yang akrab disapa Nek Tu dan Muhammad alias Amat Leumbeng. Keduanya diusung Partai Nasdem, Partai Daulat Aceh, dan Partai Golkar (3 kursi), mendaftar pada Rabu (28/8). 

Kemudian, pasangan Firman Dandi dan Muchtar Ibrahim yang diusung PAS, PPP dan PKS mendaftar Kamis (29/8). Serta pasangan Iskandar Usman Al-Farlaky dengan T Zainal yang diusung Partai Aceh dan Gerindra, mendaftar Kamis (29/8) sore.

"Tahap selanjutnya kami akan melakukan verifikasi terhadap berkas tersebut sesuai dengan tahapan yang berlaku," kata Yusri.

Sementara itu, Ridwan Abubakar, bakal calon  Bupati Aceh Timur yang akrab disapa Nek Tu merupakan eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) optimis memenangkan Pilkada 2024 dengan meraup suara 70 persen dari kandidat lain.

"Awalnya kita bersiap-siap maju dari jalur independen. Tapi setelah mendapat dukungan tiga parpol, maka kita resmi mendaftar dengan dukungan tiga parpol yaitu Nasdem, Golkar dan PDA," kata Nek Tu. 
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024