Meulaboh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nagan Raya menjadi RUSD Sultan Iskandar Muda (SIM) guna meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakat daerah itu.

Bupati Nagan Raya H T Zulkarnaini dalam sambutannya di Nagan Raya, Selasa, mengatakan pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas yang terkandung dalam enam pilar utama pembangunan kabupaten setempat.

"Didasarkan atas kenyataan bahwa bidang kesehatan merupakan bagian penting yang terkait langsung dengan peningkatan kualitas, harkat, dan martabat manusia dalam kerangka pembangunan seutuhnya," ucapnya seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima Antara di Meulaboh.

Sebelumnya rumah sakit yang terletak di jalan nasional lintas Meulaboh-Medan, wilayah Desa Ujong Fatihah, Kecamatan Kuala, Nagan Raya itu bernama RSUD Nagan Raya, kemudian diganti nama menjadi RSUD SIM.

Bupati yang akrap disapa Ampon Bang ini menuturkan, Pemkab berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan kesehatan melalui perluasan pelayanan kesehatan sehingga bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Menurut dia, dengan nama yang baru, yakni RS Sultan Iskandar Muda, diharapkan  dapat terus berjaya seperti Sultan Iskandar Muda Meukuta Alam yang di masa kerajaannya Aceh menjadi kekuatan besar kelima kerajaan Islam pada masa itu.

Ia berharap di masa mendatang RSUD SIM di Kabupaten Nagan Raya dapat menjadi rujukan dan acuan bagi dokter dan rumah sakit lainnya di wilayah Aceh.

Terwujudnya nama RSUD SIM tersebut setelah DPRK setempat mengesahkan qanun penabalan nama RSUD SIM yang diusulkan oleh Pemkab Nagan Raya.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda, Ketua DPRK Hj Kelimah, para SKPK, Direktur RSU Cut Nyak Dhien Meulaboh, Direktur RSU Teungku Peukan Aceh Barat Daya (Abdya), serta paramedis dalam lingkup Pemkab setempat.

Direktur RSUD Sultan Iskandar Muda dr Agussyah Putra M.Kes.SP.KJ dalam laporannya mengatakan, dengan penabalan nama yang baru mereka akan memberikan pelayanan yang lebih optimal terhadap masyarakat.

"Sehingga tujuan penyelenggaraan pemerintahan untuk menuju kesehatan yang baik  akan dapat diraih. Di samping itu, dengan nama Sultan Iskandar Muda, rumah sakit ini menjadi idola masyarakat dalam mengobati berbagai penyakit," katanya menambahkan. 


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017