Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan 12 tahun peringatan Damai Aceh masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Aceh di masa mendatang.

"Salah sati PR yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Aceh adalah menurunkan angka kemiskinan," kata Nova Iriansyah di sela-sela Peringatan 12 Tahun Aceh Damai di Lapangan Blang Padang Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan salah satu "PR" yang harus segera dituntaskan, seperti persoalan kemiskinan di Aceh yang masih relatif tinggi,yaitu mencapai angka 16,8 persen dan tingkat pengangguran mencapai 7,39 persen.

Kemudian kualitas kesehatan dan pendidikan yang belum memuaskan dan ini menjadi persoalan dan menjadi tanggungjawab bersama Pemerintah Aceh dan DPR Aceh.

"Semua itu merupakan tantangan yang harus kita hadapi bersama, meski cukup berat, kalau kita semua kompak dan bersatu, Insya Allah kita mampu mengatasi masalah ini," katanya.

Menurut dia setelah 12 tahun perdamaian Aceh berjalan cukup banyak pengalaman dan pembelajaran yang telah dirasakan oleh masyarkat Aceh dan yang terpenting saat ini situasi Aceh sangat kondusif, di mana penghormatan terhadap hak sipil dan politik rakyat semakin meningkat.

Peringatan 12 Tahun Aceh Damai di Lapangan Blang Padang, Bandara Aceh turut dihadiri diantaranya Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud dan unsur Forkompida Aceh.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017