Meulaboh (ANTARA Aceh) - Empat warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II-B Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh mendapat remisi langsung bebas pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia.

Kepala LP Kelas II-B Meulaboh, Sapto Winarno, di Meulaboh, Kamis, mengatakan, pemerintah menyetujui 201 narapidana mendapat remisi atau pengurangan masa hukuman dari 364 narapidana yang diusulkan pada peringatan ulang tahun kemerdekaan 2017.

"Alhamdulillah untuk tahun ini sesuai SK yang sudah turun dari keputusan menteri itu untuk diberikan remisi 201 orang. Yang belum turun SK-nya 145 orang, ini kasus pidana khusus sehingga persetujuannya harus pusat,"sebutnya.

Ia menjabarkan, dari 201 orang narapidana yang mendapat remisi umum berjumlah enam orang, empat orang langusng bebas, namun dua orang masih ada denda sehingga harus menjalani hukuman subsider apabila dendanya tidak dibayarkan.

Semua keputusan itu telah dibacakan saat upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di dalam lingkungan Lapas Meulaboh yang berlokasi di Desa Peunaga, Kecamatan Mereubo yang berjarak sekitar 12 kilometer dari Kota Meulaboh.

Sapto Winarno menyampaikan, sejak tanggal 1 Agustus 2017 pihak Lapas Kelas II-B Meulaboh sudah melaksanakan berbagai macam kegiatan untuk menyemarakkan sambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Beberapa kegiatan seperti olah raga, kerohanian maupun kehidupan sehari-hari, semua itu dipertandingkan sebagai motivasi sehingga diharapkan ke depan dapat terus berkelakuan baik dan melakukan kegiatan selayaknya orang bebas pada hari itu.

Semua itu diperlombakan dan diberikan hadiah kepada warga binaan yang berhasil keluar sebagai juara dan mengelola ruang tahanannya dengan bersih, dan satu hal lagi kegiatan kerohanian, warga binaan berlomba dalam melantunkan suara azan.

"Kegiatan ini sudah tuntas H-3 peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia, jadi pada hari ini semuanya mendapatkan hadiah sesuai dengan bidang lomba yang mereka ikuti," katanya.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017