Calon Gubernur Aceh nomor urut 1, Bustami Hamzah menyatakan bahwa jika nantinya terpilih menjadi Gubernur Aceh, bakal mengupayakan peningkatan ekonomi dari sektor pertanian, di mana masyarakat bisa menanam padi dua kali setahun.

"Bagaimana rakyat itu bisa menanam padi, itu jangan setahun sekali, kalau bisa setahun dua kali atau tiga kali," kata Bustami Hamzah, di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Bustami dalam konferensi pers usai peresmian posko pemenangan dan doa bersama untuk ulama Aceh Tgk Muhammad Yusuf A Wahab atau Tu Sop, di Banda Aceh.

Bustami mengatakan, jika mereka mendapatkan amanah rakyat Aceh nantinya, ada beberapa fokus peningkatan perekonomian, mulai dari UMKM, pertanian hingga perkebunan.

Untuk pertanian, kata dia, di Aceh sejauh ini perlu pembenahan saluran irigasi, itu dapat memudahkan masyarakat melaksanakan kegiatan di persawahan, sehingga panennya bisa lebih banyak dalam setahun.

"Ini masalah kesejahteraan, kedepan juga perlu pompanisasi, ini harus kita pikirkan," ujarnya.

Baca juga: Paslon Bustami-Fadhil beberkan lima program unggulan dalam Pilgub Aceh

Kemudian, Bustami juga melihat bahwa arah perekonomian Aceh juga pada sektor perkebunan, maka dalam hal ini diperlukan infrastruktur jalan guna memudahkan akses masyarakat berkebun.

"Kami sangat fokus pada pertumbuhan ekonomi, karena tanpa ekonomi tidak mungkin hidup sejahtera," kata Bustami.

Sementara itu, Calon Wakil Gubernur nomor urut 1, M Fadhil Rahmi menyampaikan bahwa dalam upaya menumbuhkan perekonomian, maka langkah pertama yang mesti dilakukan adalah peningkatan sumber daya manusia.

"Karena ketika bicara SDM, tidak hanya bicara anak-anak harus sekolah, tapi juga untuk SDM pada bidang yang menjanjikan di Aceh yaitu agraris dan daerah kemaritiman," katanya.

Untuk pertanian, kata dia, perlu adanya SDM unggul mengingat banyak teknologi pertanian yang terus berkembang, kemudian terhadap sektor maritim bagaimana kedepan hasil tangkapan nelayan lebih banyak.

"Kemampuan SDM ini bisa meningkatkan ekonomi kemaritiman, produksi tangkap dan teknologi pertanian. SDM penting untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat," demikian Fadhil Rahmi.


Baca juga: Pengundian nomor urut Pilgub Aceh: Bustami-Fadhil 1, Mualem-Dek Fad nomor 2

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024