Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Aceh melakukan tes urine terhadap anggota DPR Aceh yang belum mengikuti tes tersebut yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

Tes narkoba dengan jalan menguji urine anggota parlemen tersebut dipusatkan di Sekretariat DPR Aceh di Banda Aceh, Senin.

Tes dilakukan terhadap 19 dari 35 anggota DPR yang tidak sempat melakukan tes narkoba pada 16 Agustus.

Pada 16 Agustus BNN Provinsi Aceh melakukan tes urine terhadap 46 dari 81 anggota DPR Aceh. Tes dilakukan di sela-sela sidang paripurna DPR Aceh dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo.

Tes terhadap belasan anggota lembaga legislatif tersebut dilakukan BNN Provinsi Aceh melalui Bidang Rehabilitasi Seksi Penguatan Lembaga Rehabilitasi.

Ketua tim tes urine Anggota DPR Aceh pada BNN Provinsi Aceh Deny Fahrian mengatakan ada 19 dari 35 anggota DPR Aceh yang melakukan tes urine. Sedangkan 16 anggota DPR Aceh yang belum melakukan tes urine akan dilakukan tes lanjutan.

"Anggota DPR Aceh yang belum dites urine sebanyak 16 orang. Yang belum melakukan tes urine karena berbagai alasan, di antaranya tugas luar daerah, sakit, dan lainnya," katanya.

Deny Fahrian menyebutkan, hasil tes urine tersebut akan diserahkan kepada Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Eldi Azwar dan kemudian diteruskan kepada Ketua DPR Aceh Muharuddin.

Ketua Fraksi Partai Aceh DPR Aceh Iskandar Usman Al Farlaki mengatakan dua orang DPR Aceh dari Fraksi Aceh belum menjalani tes urine yang dilakukan BNN Provinsi Aceh.

"Ada dua anggota Fraksi Partai Aceh belum melakukan tes urine. Seorang dalam keadaan sakit dan seorang lagi sedang tugas di luar daerah. Seorang lainnya terlibat kasus penyalahgunaan narkotika, sehingga tidak mengikuti tes ini," kata dia.

Sebelumnya, Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Eldi Azwar mengatakan, tes urine tersebut sudah dikoordinasikan sebelumnya.

"Tes urine juga tidak ada kaitannya dengan penangkapan anggota DPRA terkait narkoba sebelumnya. Memang, pelaksanaannya dilakukan mendadak, namun sudah dilakukan sebelumnya," kata dia.

Terkait hasil tes, Brigjen Pol Eldi Azwar mengatakan, pihaknya akan menyerahkannya kepada pimpinan DPRA. Selanjutnya, pimpinan DPRA yang akan menindaklanjutinya.

"Selain DPRA, kami juga mengajak semua instansi melakukan tes urine di lingkungan masing-masing sebab narkoba sudah merambah ke berbagai lini," kata Brigjen Pol Eldi Azwar. 


Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017