Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Nurchalis mengatakan dirinya berkomitmen untuk terus mengawal investasi di wilayah pantai Aceh, sebagai upaya untuk meningkatkan peluang kerja dan perekonomian masyarakat .

“Kami akan terus mengawal investasi, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, dan mampu menekan angka kemiskinan,” kata Nurchalis di Nagan Raya, Sabtu.

Hal ini ia sampaikan saat bersilaturahmi dengan masyarakat, relawan dan tokoh politik barat Aceh. Silaturahmi dipusatkan di Desa Alue Tho, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya.

Nurchalis mengatakan dengan stabilnya investasi di daerah, maka diharapkan semakin mempermudah masyarakat mendapatkan peluang kerja baru, sehingga upaya pemerintah menurunkan angka pengangguran diharapkan semakin mudah dicapai.

Menurutnya, nilai-nilai pertumbuhan ekonomi di Aceh khususnya di Daerah Pemilihan X Aceh, selama ini masih belum sesuai harapan masyarakat, karena angka kemiskinan masih tinggi di Aceh.

Seperti diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Aceh yang dirilis pada tahun 2024, angka kemiskinan di wilayah pantai barat selatan Aceh tercatat masih tinggi diantaranya Kabupaten Aceh Barat berada di angka 17,6 persen, Nagan Raya di angka 16,94, Simeulue Aceh di angka 17,69 persen, serta Kabupaten Aceh Jaya berada di angka 12,25 persen.

Selain itu, dengan telah berkurangnya angka otonomi khusus Aceh saat ini dan kebutuhan masyarakat yang kian bertambah, tentunya diperlukan peluang kerja bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah jika stabilnya investasi.

Oleh karena itu, sebagai wakil rakyat yang telah diamanahkan oleh masyarakat untuk duduk di parlemen Aceh, dirinya akan berkomitmen untuk mengawal investasi dan senantiasa berkomunikasi dengan pengambil kebijakan di Aceh, agar dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Aceh.
 
Dengan adanya sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Aceh, diharapkan dapat angka pengangguran dan kemiskinan dengan dapat diminimalisir, bahkan pendapatan asli Daerah (PAD) dapat dapat tingkatkan, katanya.

Nurchalis juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan, sehingga dirinya berhasil menduduki kursi legislatif.
 
“Alhamdulillah, saya diberi kepercayaan oleh masyarakat di legislatif, saya butuh saran, masukan, kritikan dari masyarakat dan insan pers, sehingga saya mampu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Karena tidak ada arti juga kami tanpa adanya masukan dan kritikan dari masyarakat," katanya.

Siap Serap Aspirasi Kapan Saja
Di hadapan masyarakat dan relawan, Nurchalis mengatakan dirinya juga siap menampung aspirasi masyarakat kapan saja maupun dimana saja demi kemajuan daerah.

"Apa pun itu aspirasi dari masyarakat, baik itu dari segala sektor, asalkan dapat bermanfaat untuk kepentingan orang banyak, apalagi program yang dapat menyentuh langsung kepada masyarakat miskin, langsung kita angkat dan diajukan kepada pemerintah, mudah mudahan dapat segera direalisasikan," kata Nurchalis.

Dilihat dari sumber daya alam di Kabupaten Nagan Raya yang melimpah salah satunya emas, ia juga berjanji akan mengawal tambang di Nagan Raya yang selama ini masih amburadul akan di tata kembali, sehingga Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) bertambah, tenaga kerja lokal harus di berdayakan sehingga angka pengangguran bisa diminimalisir.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024