Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan salah satu program untuk meningkatkan kualitas pendidikan di provinsi itu adalah melalui program Aceh Carong dan Aceh Meuadab.

"Aceh carong menekankan pada perbaikan fasilitas, kualitas, dan peningkatan sistem, dan Aceh Meuadab lebih kepada upaya mengembalikan khittah Aceh sebagai Serambi Mekkah melalui implementasi nilai-nilai ke Islaman," kata Nova di Lhoong Raya, Banda Aceh, SElasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela membuka membuka kejuaraan marching band se- Aceh atau Aceh Marching Band Championship yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Aceh ke-58 tahun 2017 di stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh.

Ia menjelaskan pendidikan yang akan diwujudkan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf bersama Wakil Gubernur Nova Iriansyah bukan hanya untuk meningkatkan kapasitas otak, tapi juga mental dan spiritual.

Ia mengatakan selain membangun sistem belajar yang baik, kegiatan ekstrakurikuler untuk penguatan mental dan spiritual akan terus diperkuat.

"Ada banyak aktivitas ekstrakulikuler yang akan dikembangkan di sekolah, salah satunya marching band, kegiatan ini ÿsangat berarti dalam dunia pendidikan dan mengandung banyak filosofi pembangunan karakter diri," kata Nova.

Ia mengatakan dengan bergabung dalam marching band, para peserta dituntut harus disiplin, dapat bekerja sama dalam tim, mampu menghasilkan harmoni yang seirama, patuh kepada komando, serta aktif menciptakan kreasi gerak dan bunyi.

"Filosofi ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari maupun dalam penguatan kebersamaan, sebab itu marching band kerap dipertandingkan di tingkat lokal, nasional dan internasional," kata Nova.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017