Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kodim 0106 Aceh Tengah mensosialisasikan penataan pembangunan tanggul Bom - Mendale yang terletak di sisi barat Danau Laut Tawar di daerah setempat.

"Sosialisasi ini merupakan bagian dari kerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Aceh Tengah yang diikuti para pemangku kepentingan," kata Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro di Takengon, Rabu.

Ia menjelaskan penataan bangunan tanggul didasari Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 28/PRT/M/2015 tentang penetapan garis sempadan sungai dan garis sempadan danau.

"Perlu upaya strategis untuk mengembangkan wisata Danau Laut Tawar, di antaranya adalah dengan rencana pembangunan tanggul Bom-Mendale," katanya.

Didit mengatakan untuk mengembangkan wisata alam Danau Laut Tawar harus sejalan dengan kesadaran masyarakat terhadap budaya dan lingkungan, sehingga sinergi tersebut akan lebih mempercepat pengembangan wisata di daerah penghasil kopi arabika tersebut.

Asisten Adm Pembangunan, ÿAmir Hamzah mengatakan program pembangunan tanggul Bom-Mendale sebenarnya sudah digagas sejak lama. Pembangunan tersebut terkendala diantaranya pematangan lahan yang diproyeksikan untuk tanggul.

"Pembangunan tanggul ini juga merupakan bagian dari upaya menyelamatkan kelestarian danau dari limbah dari Kota Takengon yang selama ini masih mengalir ke danau," kata Amir
   
Amir menambahkan, upaya lain yang harus dilakukan adalah mendorong pihak berwenang untuk memasukkan Danau Laut Tawar dalam daftar danau yang dilindungi secara Nasional, karena dengan demikian dimungkinkan mendapat alokasi anggaran untuk membantuÿpemberdayaan masyarakat di sekitar danau.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017