Meulaboh (ANTARA Aceh) - Ribuan pelajar dari berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengikuti pawai ta'aruf menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah/2017 Masehi.

Peserta berkumpul dan mulai start di Halaman Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Kamis pagi, yang dilepas oleh Bupati Aceh Barat Dr (HC) H T Alaidinsyah, serta didampingi sejumlah pejabat di daerah setempat.

"Momentum pawai kali ini semoga dapat menjadi wahana untuk lebih mempererat jalinan silaturrahmi antar sesama kaum muslimin, sekaligus menumbuh kembangkan syiar islam di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Massa bergerak dari Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh dengan berjalan kaki dengan rute Jalan Imam Bonjol ke Jalan Gajah Mada, jalan Nasional dan Jalan Teuku Umar, kemudian finish kembali di Masjid Agung Meulaboh.

Peserta mulai dari pelajar taman kanak-kanak, SD dan sederajat, SMP, SMA sederajat, mahasiswa dan unsur PNS dan masyarakat umum, kegiatan dimulai pukul pukul 08.30 WIB dan selesai pawai sekitar pukul 11.30 WIB.

Selain itu Pemkab Aceh Barat juga mengadakan zikir dan doa bersama bersama dengan ribuan masyarakatnya pada Rabu (20/9) malam.

"Tausiah, dzikir dan doa bersama malam ini untuk muslim Rohingya," kata Wakil Bupati Aceh Barat, Rachmad Fitri HD.

Sementara itu, pawai yang sama juga berlangsung di Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang diikuti ribuan siswa dari berbagai sekolah yang diiringi rebana.

Peserta pawai dari Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah, (MI) SMP, MTs, SMA dan SMK sederajat dengan membawa rebana tampak tersebar secara kelompok di sepanjang  jalan di ibukota kabupaten Abdya,  seperti yang terpantau di Jalan Pendidikan, Jalan Selamat, Jalan Irian dan Jalan At-taqwa.       
    
Kepala Bagian Humas Pemkab Abdya, Mawardi mengatakan, acara pawai taaruf itu dimulai dari lokasi pembangunan Masjid Agung di Desa Guhang dan dilepaskan secara resmi oleh Wakil Bupati Abdya Muslizar bersama Muspida setempat.


Acara pawai ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB diikuti oleh seluruh siswa dari berbagai sekolah, dewan guru dan pejabat Abdya. Setelah peserta selesai mengelilingi kota Blangpidie, acara berakhir sekitar pukul 10.30 WIB, tuturnya.  


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017