Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Manajemen PT Pertamina (Persero) PT Pertamina (Persero) MOR I Sumbagut telah merampungkan seluruh kesiapan bahan bakar minyak pesawat udara untuk mendukung proses pemberangkatan dan pemulangan Jamaah Haji asal Aceh.

Persiapan yang telah dirampungkan tersebut tak lain adalah bagian dari wujud komitmen perusahaan milik Pemerintah tersebut dalam mendukung pemberangkatan dan pemulangan kembali Tamu Allah menuju Tanah Air.

''Alhamdulillah kita telah merampungkan seluruh proses ketersediaan bahan bakar minyak pesawat udara baik untuk proses pemberangkatan yang telah tuntas dan juga pemulangan jamaah haji,'' kata Pjs Area Manager Communication and Relations Sumbagut, Arya Yusa Dwicandra.

Ia menjelaskan untuk pemberangkatan di Depot Pengisian Pesawat Udara ( DPPU) Sultan Iskandar Muda menyiapkan sebanyak 1.837 kiloliter Avtur guna melayani penyediaan avtur untuk penerbangan haji yang dimulai pada 16 Agustus 2017.

Arya menyebutkan  PT Pertamina akan menyiapkan avtur sebanyak 1.837 kiloliter guna melayani penerbangan haji yang terdiri dari untuk fase 1 dengan rencana penyaluran avtur sebanyak 770 kiloliter.


Ia menyebutkan permintaan avtur di DPPU SIM pada fase pertama atau keberangkatan kenaikan avtur tercatat per hari 65 kiloliter menjadi 94 kiloliter atau mengalami kenaikan sebesar 45 persen.

Arya menambahkan, untuk kesiapan pemulangan jamaah haji asal Aceh, PT Pertamina Marketing Operation Region I (MOR I) juga telah melakukan antisipasi kebutuhan avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM).

Arya menyebutkan pada pemulangan jamaah haji terjadi peningkatan dari penyaluran normal harian konsumsi avtur pada kepulangan haji 2017 di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM).

Menurut dia untuk fase kedua atau pada kepulangan haji, kenaikan avtur di DPPU SIM mencapai 100 persen dari penyaluran normal avtur per hari 65 kiloliter menjadi 130 kiloliter pada fase kepulangan, pada 8 September hingga 4 Oktober 2017 dengan menyiapkan avtur sebanyak 1.067 kiloliter (kl).

Dalam mendukung kegiatan haji, Pertamina telah menyiapkan sarana dan fasilitas penyediaan penambahan avtur serta sumber daya operator yang handal dan berpengalaman untuk melayani kepulangan haji tahun 2017.

Ia mendambahkan DPPU SIM memiliki 5 unit refueler dengan total kapasitas 94 KL  sehingga dengan kesiapan armada diharapkan dapat tepat waktu dalam pengisian ke pesawat.

Pada tahun 2017, Pertamina MOR I DPPU SIM  melayani penerbangan 11 kloter dari Aceh. Embarkasi Haji Aceh telah memberangkatkan 4.463 jemaah haji pada musim haji 2017 terdiri atas 11 kelompok terbang. Jumlah calon haji yang berangkat tahun ini mengalami peningkatan sekitar 12 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 3.536 orang terdiri atas 9 kloter.(Adv)


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017