Meulaboh (ANTARA Aceh) - Bupati Aceh Barat, H T Alaidinsyah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan priode 2012-2017 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat.

"Perkenankan saya untuk menyampaikan permohonan maaf atas segala keterbatasan dan kekurangan yang terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan selama priode pemerintahan kami 2012-2017," katanya di Meulaboh, Selasa.

Kedatangan Alaidinsyah didampingi Wakilnya Rachmad Fitri dan Sekda Bukhari, pada pembukaan rapat paripurna ke-VI DPRK Aceh Barat 2017, dalam rangka penyampaian LKPJ akhir masa jabatan 2012-2017 yang dipimpin Ketua DPRK Ramli, SE.

Alaidinsyah menyadari, bahwa pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat belum sepenuhnya sempurna, namun satu tekad dan komitmen untuk peningkatan pembangunan selama ini sudah dilaksanakan semaksimal mungkin.

Ada beberapa hal yang sangat terlihat kemajuan pesat di Kabupaten Aceh Barat yakni terjadinya peningkatan pendapatan daerah, sejak awal pemerintahannya 2012 senilai Rp588 miliar hingga tembus Rp1,271 triliun pada tahun anggaran 2016.

Selanjutnya kata Alaidinsyah, terhitung sejak 2012 hingga tahun anggaran 2017, untuk realisasi program yang dilaksanakan di Kabupaten Aceh Barat sebanyak 1.168 program dengan rencana pendanaan dari berbagai sumber sebesar Rp4,5 triliun.

"Keberhasilan itu semua tidak terlepas dari stabilitas politik, terutama antara eksekutif dan legislatif sehingga pembahasan anggaran tepat waktu dan persentasi dari target pendapatan tercapai optimal setiap tahunnya," tuturnya kepada sejumlah wartawan.

Lebih lanjut dikatakan, memasuki tahun terakhir masa kepemimpinanannya, Pemkab Aceh Barat mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ketiga kalinya, berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Aceh.

Penyerahan LKPJ itu merupakan wujud ketaatan terhadap PP Nomor 3/ 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada pemerintah, LKPJ kepala daerah kepada DPRD dan informasi laporan penyelenggaraan Pemda kepada masyarakat.

Secara jelas dan lengkap, semua laporan yang disampaikan itu terdapat pada dokumen laporan LKPJ 2012-2017, yang memuat semua pelaksanaan pembangunan Kabupaten Aceh Barat sejak menjabat sebagai kepala daerah.

"Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan anggota dewan, serta semua pihak yang telah membantu kami dan berperan dalam pelaksanaan pemerintahan kami selama lima tahun terakhir," demikian Alaidinsyah.

Pemerintahan Alaidinsyah/Rachmad Fitri HD, berakhir pada 8 Oktober 2017 dan akan segera dilakukan pelantikan Bupati/Wakil Bupati Aceh Barat terpilih pada pilkada serentak 2017 yakni, pasangan H Ramli, MS dan H Banta Puteh Syam, yang rencananya dijadwalkan pada 10 Oktober 2017 di kantor DPRK setempat.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017