Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Badan Nasional Narkotika membekali petani di Kabupaten Bireun, Provinsi Aceh dengan program nasional alternatif.

Kepala BNN Bireun, Saiful Fadhli di Lhokseumawe, Kamis mengatakan, program alternatif development kepada petani merupakan program BNN Pusat dilakukan di di Kecamatan Peudada, Bireun.

Kegiatan pembekalan program alternatif  tersebut sudah dilakukan Rabu, yang diikuti oleh 25 orang petani, sebagai pilot project dalam program alternatif development tersebut yang juga termasuk dalam program P4 GN untuk kawasan Rawan Pedesaan.

Kegiatan dipusatkan di aula Kantor Camat Peudada  bertujuan membentuk pengentasan tanaman ganja di Aceh termasuk Bireuen.

Grand Design Alternative Development yang berbasis pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara komprehensif melalui peningkatan kualitas manusia dan kemandirian ekonomi dan pembangunan infrastruktur yang memadai.

Selain itu, sambung kepala BNNK Bireun tersebut, untuk memberikan pemahaman teknis tentang arah program AD kedepannya. Selanjutnya melalui kegiatan dimaksud, para petani juga diberikan pemahaman bagaimana pengolahan alternatif berbagai jenis tanaman agar kemudian memiliki nilai tambah secara ekonomi.

Acara yang dibuka oleh Kepala Sub Direktorat Masyarakat Desa BNN RI Hendrajid tersebut, selain Kepala BNNK Bireuen juga menghadirkan pembicara Kadis Pertanian Bireuen Ali Basyah, Kadis Pemdagkop dan UKM Jaelani,  Kepala Bappeda Bireuen yang diwakili oleh Kabid Ekonomi dan SDA Bappeda, Khairum Hafidz.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017