Sabang (ANTARA Aceh) - Wali kota Sabang Nazaruddin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan sejumlah masyarakat memungut sampah di sepanjang jalan Gampong (desa) Balohan, Kecamatan Sukajaya, Jumat.

"Aksi ini kami lakukan bersama Forkompimda Sabang dan masyarakat untuk mewujudkan kota wisata yang indah dan bersih," kata Nazaruddin usai gotong royong membersikan jalan dan fasilitas umum lainnya.

Pada kesempatan itu, Walikota mengajak semua pihak di kepulauan paling ujung barat Indonesia itu untuk mendukung suksesnya "Sail Sabang" pada November 2017 serta menjaga kebersihan di lingkungan sekitar demi mewujudkan kebersihan dan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang ke Sabang.

"Mari bersama-sama kita saling menjaga lingkungan sekitar dan Insya Allah kota wisata ini akan bersih dari segala jenis sampah jika semua kita saling peduli dan tidak membuang sampah disembarang tempat," katanya.

Di waktu yang sama,  Forum Komunitas Hijau (FKH) Teurawah Kota Sabang dan sejumlah Satuan Kerja Pemerintah KOTA (SKPK) juga ikut gotong royong massal di lingkungan perkantoran maupun lokasi-lokasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang Zulfi Purnawati mengajak semua pegawai di kantornya untuk membersihkan Taman Ria, Kuta Bawah Timu, Kecamatan Sukakarya.

"Ya, tadi saya mengajak semua rekan-rekan kerja untuk gotong royong membersihkan Taman Ria agar saat pelaksanaan Sail Sabang semua lokasi wisata benar-benar bersih dan memberikan kenyamanan kepada setiap pengujung," ujarnya.

Sail Sabang akan digelar dari 28 November sampai dengan 5 Desember 2017 dan mengangkat tema "Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia".

Sail Sabang sendiri rencananya akan dipusatkan di empat lokasi yakni Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort dan Kilometer Nol, dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada 2 Desember 2017.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017