Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Salah seorang jamaah haji asal Aceh bernama Amirsyah Husin Ismail yang menderita sakit, kini telah tiba di Tanah Air melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Kabupaten Aceh Besar.

"Alhamdulillah, Pak Amir telah tiba di Aceh kemarin sekitar pukul 16.00 WIB. Ia diberangkatkan melalui Bandara di Jeddah ke Jakarta, dan Jakarta ke Aceh," ucap Kepala Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan, Amirsyah ditemani oleh seorang petugas Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama dari Arab Saudi hingga sampai ke Aceh.

Ia menegaskan, dalam proses pemulangan jamaah haji tidak cuma dari Aceh, setiap jamaah tidak dipungut biaya satu rupiah pun hingga tiba di Tanah Air.

Sebab, lanjutnya, Pemerintah Arab Saudi telah menanggung biaya perawatan dan pengobatan. Sedangkan proses pemulangan hingga tiba di provinsi asal, menjadi tanggungan pihak maskapai.

"Alasan kesehatan, jamaah Aceh ini kami rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh," kata dia.

Seperti diketahui, terdapat tiga orang jamaah haji asal Aceh masih berada di Tanah Suci karena menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Arab Saudi.

Ketiga jamaah haji itu yakni Asiah Kaharuddin, Kelompok Terbang (Kloter) 2 di Rumah Sakit (RS) Al-Ansar, Madinah.

Lalu Banta Ali Hamzah tergabung dalam Kloter 4 dirawat di RS Al-Noor, Makkah, dan terakhir Amirsyah Husin Ismail dari Kloter 6 sedang dirawat di RS Al-Noor, Makkah.

"Kini tinggal dua orang lagi jamaah haji asal Aceh, masih dirawat di RS Arab Saudi," terang Daud Pakeh.

Tim medis Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Banda Aceh menjelaskan, Amirsyah masih perlu dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh karena kondisi kesehetannya belum stabil.

"Kemarin kondisinya belum stabil, akibat tidak ada respon dari si pasien begitu tiba. Makanya langsung kita rujuk," jelas petugas medis KKP Banda Aceh, dokter Maya Sofia.

"Amirsyah di diagnosis sesuai laporan dari RS di Arab Saudi yaitu DM, HT, dan neurosepsis. Hari ini baru kita dapat hasil diagnosis beliau," tambah Maya.


Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017