Singkil (ANTARA Aceh) - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu polisi memadamkan api yang membakar lahan gambut di Desa Pulosarok, Kabupaten Aceh Singkil terbakar seluas tiga hektare.

"Lahan gambut yang terbakar seluas kurang lebih tiga hektare dari luas 20 hektare pada Jumat (20/10) pukul 15.30 WIB, namun sudah berhasil dipadamkan pukul 17.30 WIB," kata Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Miliardin Sik melalui Kapolsek Singkil Iptu Syamsuar kepada wartawan di Singkil, Sabtu.

Dikatakan, lahan gambut yang sebagian besar ditumbuhi semak belukar itu adalah lahan trandas lama milik Pemkab Aceh Singkil seluas 20 hektare.

Sementara pemicu terbakarnya lahan diduga akibat teriknya cuaca dan angin, sehingga mudah saja terbakar bila seseorang sembarangan membuang puntung rokok, katanya.

"Upaya pemadaman api tersebut terus dilakukan sampai saat sekarang ini untuk mencegah rembetan api yang terus nyala di lahan gambut," ujar Syamsuar.

Selama pemadaman,  kata Syamsuar, pihak pemadam terkendala dengan akses jalan menuju tempat  titik api serta susahnya mobil pemadam ke tempat lahan yang terbakar.

Untuk memudahkan, petugas pemadam mengerahkan dua mesin penyedot air di parit dan pipa seadanya dalam pemadaman lahan, ujar dia.


Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017