Nagan Raya (ANTARA Aceh) - Banjir luapan sungai menerjang wilayah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, akibat tingginya intensitas curah hujan mengguyur sejak dua hari terakhir.

Komandan Kodim 0116/ Nagan Raya, Letkol Kav Moch Wahyudi, di Nagan Raya, Selasa, menuturkan, banjir juga telah merendam ruangan dan halaman Posramil Tadu Raya, hingga ketinggian air mencapai 30 centimeter.

"Kerugian materil, untuk sementara belum ada laporan dan masyarakat masih bertahan di rumahnya masing-masing. Termasuk Posramil Tadu Raya Kodim 0116/Nagan Raya sampai saat ini masih terendam air,"katanya dalam laporan tertulis kepada wartawan Selasa, dini hari.

Keberadaan Posramil Tadu Raya, sudah sangat memperihatinkan, selain berkontruksi kayu, pos prajurid TNI tersebut rentan direndam banjir, diharapkan ada kepedulian Pemkab Nagan Raya untuk merenovasi dan membuat bangunan baru yang lebih layak.

Sebut Dandim Letkol Kav Wahyudi, banjir melanda akibat curah hujan yang cukup tinggi sejak tanggal 29 sampai dengan 30 Oktober 2017, yang mengakibatkan meluapnya air sungai Krueng Tadu, Kecamatan Tadu Raya.

Selain mengepung Posramil, akibat banjir tersebut, jalan lintas nasional Meulaboh (Aceh Barat) - Tapak Tuan (Aceh Selatan) tergenang air banjir tersebut dengan ketinggian mencapai 50 Centimeter.

"Kondisi tersebut menyebabkan kendaraan roda dua maupun roda empat yang menuju arah Meulaboh dan sebaliknya macet, masih menunggu air redah atau surut dari badan jalan,"jelasnya.

Selain itu, banjir ini juga merendam enam desa dalam wilayah Tadu Raya, seperti Desa Alu Bata, Desa Gunung Kupok, Desa Gunung Sapek, Desa Gunung Geulugo, Desa Sarah Mantok dan Desa Pasie Luah.

Terhadap bencana dini hari itu, anggota TNI telah turun melaksanakan pengamanan, baik personel dan materil pada Posramil Tadu Raya. Kemudian telah mengkoordinasikannya dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya.

"Masyarakat juga telah diimbau untuk bersiap-siap melakukan pengungsian jika cuaca tidak berubah dan banjir semakin tinggi. Sampai dengan saat ini cuaca masih hujan deras,"demikian Dandim 0116, Letkol Kav Moch Wahyudi.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017