Meulaboh (ANTARA Aceh) - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang yang melayani jasa pelayaran lintasan Meulaboh tujuan Sinabang (Kabupaten Simeulue), Provinsi Aceh tidak bisa berlayar karena mengalami kerusakan.

Kepala PT Angkutan Sungai Danai dan Penyeberangan (ASDP) Perwakilan Meulaboh Desrizal Marbeth, di Meulaboh, Senin, menyatakan KMP Teluk Sinabang belum dapat beroperasi di lintasan Meulaboh-Sinabang sehubungan kapal masih dalam perbaikan.

"Sehubungan kapal masih dalam perbaikan saat ini posisi kapal feri di Sinabang, untuk beroperasi kapal dari Meulaboh tujuan Sinabang PP akan kami beritahukan kembali setelah ada perkembangan selanjutnya," ujarnya lagi.

Ia memastikan rute dan jadwal pelayanan jasa penyeberangan Meulaboh-Sinabang masih tetap dan belum ada perubahan jadwal, khusus untuk KMP Teluk Sinabang terhenti operasionalnya karena dalam kondisi rusak.

Kapal feri tersebut mengalami kerusakan pada "sea water pum", sehingga saat berlayar dari Simeulue tujuan Meulaboh, terpaksa sandar darurat di Pelabuhan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan yang terdekat dari lintasan, Sabtu (11/11).

Upaya tersebut terpaksa dilakukan mempertimbangkan faktor keselamatan kapal dan penumpang dalam pelayaran, namun kapal berhasil dibawa kembali ke Simeulue untuk perbaikan meski dalam kondisi "kurang sehat" tanpa penumpang.

"Permasalahannya tidak begitu besar, walaupun rusak kapal masih beroperasi, cuma kami mengantisipasi demi keselamatan pelayaran. Menyangkut kapan waktu pastinya, kita tunggu hasil perbaikan selesai demi keselamatan bersama," ujarnya lagi.

Apalagi, kata dia, saat ini kondisi wilayah perairan lintasan KMP Teluk Sinabang lumayan ekstrem, sehingga kecepatan kapal terkadang harus dikurangi dari kecepatan saat cuaca normal.

Namun kondisi tersebut, kata Desrizal lagi, tidak mempengaruhi aktivitas pelayaran Meulaboh tujuan Sinabang.

Menurutnya, beberapa kendala selama ini yaitu ombak tinggi di wilayah teluk pelabuhan penyeberangan Meulaboh, Kecamatan Samatiga Aceh Barat.

Jadwal pelayanan jasa pelayaran dari Meulaboh tujuan Sinabang masih seperti biasanya, yakni hari Jumat dan Sabtu, berangkat pukul 14.00 WIB. Tetapi kapal feri sewaktu-waktu bisa dipercepat keberangakatannya karena faktor cuaca di dermaga, katanya pula.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017