Meulaboh (ANTARA Aceh) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Barat Provinsi Aceh mengajak masyarakat semakin banyak mengkonsumsi ikan karena terbukti dapat meningkatkan kecerdasan bagi keluarga.

"Negara yang konsumsi ikan perkapitanya tinggi, angka kecerdasan masyarakatnya lebih baik, contoh Negara Jepang, kalau kita lihat postur tubuhnya dulu kecil, sekarang sudah besar karena gemar makan ikan," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada DKP Aceh Barat, Mahli, di Meulaboh, Rabu.

Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional tahun 2017, ia mengajak masyarakat daerah itu untuk memperbanyak konsumsi ikan, karena protein hewani pada ikan jauh lebih bagus ketimbang protein mengkonsumsi daging.

Mahli menuturkan mengkonsumsi ikan sudah merupakan budaya bagi masyarakat Aceh, namun tetap harus lebih ditingkatkan, apalagi potensi sumber daya perikanan di Aceh secara umum masih sangat besar dan tidak akan habis walaupun sering dijarah.

Masyarakat Aceh mengangap tidak sempurna makan apabila lauk atau ikan tidak serta, apalagi bila ditinjau dari sisi kesehatan, mengkonsumsi ikan cukup aman bagi siapapun, tidak perlu takut kolestrol naik, justru masyarakat semakin sehat.

"Kita dorong masyarakat semakin banyak konsumsi ikan, karena ikan sumber protein hewani yang murah dan sahat dan bagus bagi kesehatan, dibanding dengan daging, maka konsumsi ikan cukup aman bagi siapapun," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan jumlah konsumsi ikan masyarakat Aceh Barat lebih tinggi dibandingkan daerah lain, walaupun harganya terkadang fluktuatif bahkan cenderung mahal, namun tetap menjadi pangan pokok karena sudah membudaya makan ikan.

Ia mengaku tingkat budidaya di Aceh Barat belum semaju daerah di pulau Jawa, tapi masyarakat sudah terbiasa mengambil ikan di perairan umum.

Kata Mahli, potensi dan keberadaan berbagai jenis ikan diperairan umum masih sangat tersedia dan potensinya masih besar, apalagi di perairan umum tidak menganut pola penangkapan tidak ramah lingkungan sehingga kelestariannya tetap terjaga.

"Konsumsi ikan sudah membudaya, kalau tidak makan ikan, bagi masyarakat Aceh tidak sempurna. Kalaupun terbatas ikan laut misalkan, masih banyak ikan perairan umum yang menjadi tempat mereka memancing dan segala macam," katanya menambahkan.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017